get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Ridwan Kamil Satukan Air dan Tanah dari 27 Daerah di Jawa Barat untuk Isi Kendi Nusantara

Minggu, 13 Maret 2022 | 12:57 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tiba di Balikpapan. (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Gubernur Ridwan Kamil menggunakan air dan tanah yang dikumpulkan dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk mengisi Kendi Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Tanah dan air tersebut dikumpulkan di Kota Bandung sebelum di bawah ke Kecamatan Sepaku melalui Balikpapan. 

"Kami membawa tanah dan air dari 27 kabupaten/kota yang kami kumpulkan di Bandung. Ini menyimbolkan, tanah dan air dari Jawa Barat akan bersatu dalam tanah Ibu Kota Nusantara," jelas Ridwan Kamil saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Minggu (13/2/2022). 

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang 34 gubernur pada acara kemah di Titik Nol IKN Nusantara yang akan berlangsung mulai hari ini hingga Selasa (15/3/2022). 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kaltim Faisal mengungkapkan, para gubernur yang hadir diharapkan memakai pakaian adat daerah masing-masing. Selain itu juga membawa air dan tanah dari lokasi yang bersejarah atau adat budaya di wilayahnya masing-masing. 

Air dan tanah dari seluruh wilayah di Indonesia itu nantinya akan digabungkan di satu titik di IKN Nusantara dalam prosesi Kendi Nusantara. Kegiatan ini menurutnya sebagai gambaran simbolis bahwa IKN Nusantara merupakan refleksi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia dan bukan hanya Kaltim semata. 

“Sebagai gambaran persatuan dan kesatuan, ke-Bhinneka Tunggal Ika-an, bahwa IKN Nusantara ini milik seluruh masyarakat Indonesia, pernyataan simbolis bahwa Nusantara ibukota tanah air Indonesia tercinta,” ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut