get app
inews
Aa Read Next : Heboh! Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Tak Diundang Hadiri HUT RI di IKN Nusantara

Ritual Tanah dan Air dari 34 Provinsi Disatukan di IKN Nusantara, Ini Penjelasan Pemerintah

Minggu, 13 Maret 2022 | 11:04 WIB
header img
Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ritual Kendi Nusantara menjadi salah satu rangkaian acara dalam perkemahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tanah dan air dari 34 provinsi seluruh Indonesia akan disatukan di Titik Nol ibu kota baru di Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara.

Sesuai jadwal, Presiden Joko Widodo akan berkemah di IKN Nusantara selama tiga hari mulai dari 13-15 Maret 2022. Pada Senin (14/3/2022), tanah dan air yang dibawa para gubernur akan digunakan dalam ritual adat dengan menuangkannya ke dalam Kendi Nusantara yang terbuat dari tembaga. 

Menko Polhukam, Mahfud MD mengatakan tanah dan air tersebut dibawa 34 gubernur dari daerah masing-masing. "Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana,” kata Mahfud dalam keterangannya, Minggu (13/3/2022). 

Menurutnya, dua kilogram tanah dan satu liter air yang akan dibawa oleh masing-masing gubernur telah mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.  "Inilah tanah, air kita. Indonesia, Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbol apa yang muncul dari itu? Keberagaman,” ucapnya.

Selain itu, Mahfud mengatakan ini akan menjadi cerita yang menarik dalam 30 tahun mendatang. Dirinya pun mengajak masyarakat untuk menjaga Tanah Air Indonesia karena terdapat keberagaman di dalamnya. 

"Bagaimana kita berupacara melalui adat kenegaraan dan keagamaan, digabung di situ, untuk masuk ke ibu kota baru,” ujarnya.  

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut