get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Ketangguhan Jet Tempur Tua Rusia Su-25, Masih Bisa Terbang Pulang saat Dihajar Rudal Panggul Ukraina

Selasa, 15 Maret 2022 | 10:37 WIB
header img
Jet tempur Sukhoi Su-25 yang tertembak rudal manpads namun masih bisa terbang pulang ke pangkalan dengan aman. (foto: kemenhan rusia)

MOSKOW, iNewsKutai.id - Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) buatan Rusia memang tangguh. Salah satu buktinya adalah jet tempur Sukhoi Su-25 Rusia yang terbilang sudah uzur justru unjuk kemampuan menghadapi rudal panggul militer Ukraina, Manpads.

Kendati dihajar rudal sistem pertahanan portable itu, Su-25 yang diperkenalkan pada 1981 silam mampu kembali ke pangkalan. Pilot berhasil mendaratkan kembali jet tempur yang mengalami kerusakan berat pada sirip kendali dan mesin kanan.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut, pilot Su-25 Rusia berhasil membawa pesawatnya pulang ke pangkalan dan mendarakannya dengan aman. Kejadian yang menimpa SU-25 ini  terjadi dalam misi tempur di zona operasi militer khusus Ukraina, namun tak disebutkan waktu kejadian. 

Satu unit Su-25 terkena rudal yang ditembakkan oleh tentara Ukraina dari darat menggunakan sistem pertahanan portable. Pesawat mengalami kerusakan, namun pilot menilai kondisi saat itu tak mengancam nyawa sehingga tak memutuskan untuk keluar menggunakan kursi pelontar. 

Dia mematikan mesin yang rusak sambil berupaya membawa pesawat kembali ke pangkalan dan mendaratkannya.

“Pilot pesawat yang kedua secara visual mendeteksi peluncuran roket lalu melepaskan flare yang berhasil membelokkan roket ke samping. Selama upaya pendaratan, pilot Su-25 melaporkan kerusakan pada sistem kontrol dan memantau terus pesawat," bunyi pernyataan, seperti dilaporkan Sputnik, Senin (14/3/2022).

Pesawat berhasil didaratkan dengan panduan dari pilot jet tempur Su-25 lainnya.  "Pendaratan terjadi tanpa insiden," kata Kemhan Rusia. 

Kementerian juga telah merilis video pendaratan pesawat yang rusak di pangkalan.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut