get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Berkemah di IKN Nusantara, Presiden Jokowi Disajikan Mie Instan

Senin, 14 Maret 2022 | 19:16 WIB
header img
Tenda kemah Presiden Jokowi dan Ibu Negara. (Foto: BPMI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Perkemahan Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara jauh dari kemewahan. Bahkan untuk konsumsi, hanya disediakan makanan sederhana termasuk mie instan.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan, perkemahan digelar sederhana disesuaikan dengan kondisi IKN yang belum memiliki infrastruktur memadai.

Dia mengungkapkan, tidak ada makanan khusus yang disediakan untuk Presiden Jokowi dan istrinya. Selain buah dan kue, ada mie instan yang disediakan untuk disantap Jokowi dan istrinya saat berkemah. 

"Makanannya biasa saja kue dan buah. Enggak ada (makanan khusus)," kata Heru, Senin (14/3/2022). 

Bahkan Heru memastikan, di dalam tenda Jokowi berkemah tidak ada pendinginan ruangan atau air conditioner (AC). "Ya menginap di tenda, isi tenda hanya kasur saja. Enggak ada (AC)," ungkapnya.

Keterbatasan fasilitas ini membuat Setpres mengambil keputusan jika hanya Gubernur Kaltim Isran Noor menjadi satu-satunya kepala daerah gubernur yang ikut dalam perkemahan. Padahal, sebelumnya dikabarkan jika gubernur se Kalimantan akan mendampingi orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Tidak hanya itu, gubernur maupun wakil gubernur seluruh Indonesia sebelumnya hadir dalam proses Kendi Nusantara dan penanaman pohon. Namun, menjelang sore, seluruhnya meninggalkan Kaltim.

"Kondisi tempat yang terbatas, berbentuk kontur tanahnya. Dan fasilitas air dan lain-lain sangat terbatas," ujar Heru. 

Selain Gubenur Kaltim, Jokowi juga akan ditemani oleh beberapa menteri. Di antaranya, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut