get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Amankan Perkemahan Presiden Jokowi, 2.000 Pasukan Gabungan TNI/Polri Diterjunkan

Senin, 14 Maret 2022 | 10:01 WIB
header img
Apel pasukan pengamanan perkemahan Presiden Joko Widodo di Titik Nol IKN Nusantara. (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id – Sebanyak 2000 personel gabungan TNI/Polri mengamankan perkemahan Presiden Joko Widodo di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022) hingga Selasa (15/3/2022). Pengamanan dibagi dalam tiga ring.

Untuk ring satu yakni di lokasi perkemahan akan dilakukan oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Sementara untuk ring dua dan ring tiga menjadi tanggung jawab Polda Kaltim dan Kodam Mulawarman serta pemerintah daerah.

"Kegiatan untuk ring satu nanti dari Paspampres. Kemudian ring dua dan ring tiga dari kami unsur kewilayahan yaitu dari TNI dan Polri ditambah dengan unsur pemerintah daerah. Segala kemungkinan sudah kami antisipasi yang mulai dari keberangkatan sampai dengan nantinya di lokasi," jelas Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso. 

Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto menyebut bahwa pihaknya siap mendukung dan mengamankan jalannya rangkaian kegiatan Presiden. 

"Alhamdulillah finalnya kemarin dipimpin oleh Bapak Pangdam kita kurang lebih mengerahkan 1300-an melibatkan unsur lalu lintas. Kemudian terutama intelijen Bapak Kasetpres, dan polisi pasukan berseragam yang digelar, dipenggal-penggal yang terutama memiliki kerawanan," ujarnya. 

Sementara itu, Komandan Paspampres (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo tetap menekankan pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan dalam kegiatan yang akan dihadiri presiden tersebut.  Dia mengatakan seluruh pihak yang mengikuti kegiatan harus dipastikan telah mengikuti tes PCR. 

"Semua personel nanti yang akan masuk ke IKN memang kami wajibkan terutama yang sudah merapat harus melalui swab. Jadi protokol kesehatan tetap kita laksanakan di sana meskipun itu tempatnya ada di sekitaran hutan yang mungkin udara juga cukup, tetapi itu sudah menjadi protap bagi kami siapapun yang merapat di sekitaran Bapak Presiden harus melakukan protokol kesehatan dengan ketat," paparnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut