get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Diduga Kelelahan, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Pingsan Usai Proses Pengisian Kendi Nusantara

Senin, 14 Maret 2022 | 15:44 WIB
header img
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura saat tiba di Balikpapan. Rusdy pingsan akibat kelelahan di ibu kota nusantara. (foto: ist)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura jatuh pingsan seusai mengikuti proses Kendi Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (14/3/2022) pagi. Cuaca panas di lokasi diduga membuat Rusdy lelah hingga tak sadarkan diri.

Dari informasi yang dihimpun, Rusdy pingsan saat akan meninggalkan lokasi acara. Sejumlah tim medis langsung sigap membawa Rusdy ke tenda medis dan mendapatkan penanganan dengan bantuan oksigen. Beruntung, orang nomor satu di Sulteng itu cepat sadarkan diri.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kaltim Kaltim M Syafranuddin mengatakan kejadian ini bermula saat rombongan hendak menuju bukit untuk agenda penanaman pohon. Namun kemudian Rusdy mendadak lemas.

"Di bawah itu kan tempatnya (tempat ritual, red) terbuka, gak ada minuman, gak ada apa-apa. Itu setelah selesai ritual," kata Syafranuddin saat dihubungi melalui telepon.

Padahal, pada prosesi pengisian Kendi Nusantara, Rusdy Mastura terlihat masih bugar terutama ketika menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Rusdy Mastura sudah tiba di Kota Balikpapan sejak Jumat (11/3/2022). Dia menjadi gubernur pertama yang tiba di Kaltim untuk memenuhi undangan presiden Jokowi.

"Keistimewaan Kaltim di Indonesia yang tidak gempa juga menjadi kelebihan. Apalagi Sulteng memiliki lokasi yang berdekatan dengan Kaltim. Jadi kami sangat memberikan dukungan dan mempersiapkan diri,” ujarnya menanggapi pemindahan ibu kota ke Kaltim.

Keesokan harinya, dia bahkan sempat meninjau langsung lokasi IKN bersama Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar. Dalam kesempatan tersebut, dia menyatakan jika Sulteng siap memasok kebutuhan IKN mengingat letaknya lebih dekat.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut