get app
inews
Aa Read Next : 1 Anggota Raider TNI Gugur Ditembak KKB Papua saat Evakuasi Warga di Kabupaten Puncak

Danpos Gome Berbohong, Tiga Prajurit TNI Ternyata Ditembak KKB Saat Amankan Proyek Galian Pasir

Senin, 21 Maret 2022 | 21:37 WIB
header img
Pasukan TNI melakukan patroli di Papua.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kasus tewasnya tiga prajurit TNI akibat serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua pada 27 Januar lalu akhirnya terungkap. Saat kejadian, mereka ternyata tengah melakukan pengamanan objek galian pasir.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkapkan, Komandan Pos (Danpos) Koramil  Gome berbohong soal penyerangan KKB tersebut. Keterangan awal disebutkan jika prajurit TNI tersebut tengah melakukan patroli ke sejumlah titik. 

"Jadi misalnya dikatakan dia mengeluarkan pengamanan pos itu, patroli, ke titik ini, ke titik A, ternyata yang dilakukan itu ke proyek galian pasir," kata Andika saat ditemui di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2022). 

Andika menuturkan, Danpos Gome sengaja menutupi tujuan prajurit TNI tersebut berada di lokasi galian pasir agar tidak diketahui atasannya. 

"Kalau dilaporkan sebenarnya pasti mungkin ada pertanyaan, itu apa di situ? Boleh enggak kamu di situ?  Nah sehingga itulah yang kemudian ditutupi harapannya enggak ketahuan," tuturnya. 

Andika menyatakan, tindakan Danpos tersebut jelas tidak sesuai prosedur karena saat melakukan patroli ke galian pasir, tidak ada izin yang dikeluarkan.  Andika juga menyayangkan tindakan yang dilakukan tanpa adanya pertimbangan matang mengingat lokasi itu merupakan wilayah rawan.  

"Kedua, dilakukan juga tanpa pertimbangan taktis. Ingat ini kan bukan daerah lain, ini daerah yang memang keamanannya juga agak lebih tidak biasa," ucapnya. 

Sebelumnya, Panglima TNI jenderal Andika mengatakan pelanggaran komandan pos itu hanya soal mendapat uang tambahan. Padahal, dirinya amat memikirkan bagaimana kondisi personel yang ada di wilayah rawan konflik. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut