get app
inews
Aa Read Next : Siswi SMP Digilir 6 Bocah Tiga Hari Berturut-turut di Sekolah dan Rumah Kosong, Pelaku Masih SD

Prancis Pamer Rudal Nuklir, Bisa Ditembakkan dari Jet Tempur Rafale

Jum'at, 25 Maret 2022 | 13:34 WIB
header img
Ilustrasi penembakan rudal dari jet tempur. (foto: reuters)

PARIS, iNewsKutai.id - Prancis unjuk kekuatan nuklir di tengah ketegangan negara Barat dengan Rusia. Mereka sukses menembakkan rudal udara ke permukaan jarak menengah berkemampuan nuklir, ASMPA, versi modern dari (Air-Sol Moyenne Portee/ASMP) dari jet tempur Rafale.

Ujicoba penembakan rual buatan MBDA itu diuji coba pada Rabu lalu dari Pangkalan Udara 120 di Cazaux. Sekadar diketahui, Prancis menjadi satu-satunya negara Uni Eropa yang memiliki kemampuan senjata nuklir. 

Rudal jelajah supersonik ASMPA yang membawa muatan nuklir hanya dapat diluncurkan atas persetujuan Presiden jika dianggap perlu. ASMPA juga menjadi senjata pamungkas yang diluncurkan sebelum pilihan terakhir yakni senjata nuklir strategis. 

Dikutip dari Anadolu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Prancis menyatakan jika keberhasilan uji coba ini menandai dimulainya fase produksi rudal ASMPA setelah mengalami berbagai penyempurnaan dan akan digunakan oleh Angkatan Udara Strategis dan Angkatan Udara Maritim.

"Ini adalah uji coba kedua sejak rudal kembangkan MBDA dan menandai fase produksi setelah dilakukan penyempurnaan," jelas pernyataan Kemhan Prancis, Jumat (25/3/2022) 

ASMPA adalah versi lanjutan dari ASMP yang bisa digunakan pada kapal selam, kapal induk Angkatan Laut Dassault-Breguet Super Etendard serta jet tempur Dassault Mirage 2000N dan Rafale. ASMPA mulai beroperasi pada 2009, Angkatan Udara Prancis diketahui memiliki 54 unit.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut