get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Bahas Pengamanan IKN Nusantara Bareng Pangkoarmada II, Isran Usul Lantamal Dibangun di Samboja 

Sabtu, 16 April 2022 | 22:13 WIB
header img
Gubernur Kaltim Isran Noor menerima kunjungan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Rencana Markas Besar TNI membangun pangkalan utama angkatan laut (lantamal) di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara direspon Pemprov Kaltim dengan mengusulkan kawasan Samboja sebagai markas TNI Angkatan Laut.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim Isran Noor saat menerima kunjungan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto di Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (16/4/2022).

Isran mengatakan, pemilihan lokasi IKN mempertimbangkan aspek pertahanan dan keamanan. Hal tersebut menjadi satu faktor dipilihnya Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara. Untuk pengamanan, menurutnya memang harus ada armada atau pangkalan angkatan laut selain Lanal Balikpapan, yang lokasinya lebih strategis.

Menurut Isran, Lantamal baru tidak hanya untuk mengamankan wilayah laut ALKI II, namun juga menjadi salah satu jalur transportasi ke lokasi IKN. 

“Kekuatan kita di laut itu harus lebih kuat dari matra lainnya. Karena luas wilayah laut kita sangat luas sehingga sudah sewajarnya angkatan laut itu lebih mendominasi. Untuk pengamanan IKN, saya usulkan Lantamal dibangun di Samboja," jelas Isran didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Sekretaris Daerah Sri Wahyuni dan Kaban Kesbangpol Sufian Agus.

Sementara, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan silturahmi ke kepala daerah di Kaltim merupakan rangkaian kegiatan patroli rutin di wilayah perairan Koarmada II, sekaligus melihat lokasi IKN di Sepaku.

“Selama ini hanya melihat dari berita di televisi dan presentasi-presentasi saja. Ada rasa keingintahuan dengan melihat langsung. Dan akhirnya bisa mengunjungi titik nol IKN,” kata Iwan.

Sebelumnya, Pangkoarmada II beserta jajaran Koarmada II yang menumpangi Kapal Republik Indonesia (KRI) Sultan Hasanuddin-366 dan berlabuh di Balikpapan beberapa hari yang lalu. Setelah melintasi Manado - Bitung - Makassar - Mamuju.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut