get app
inews
Aa Read Next : Ancam Lecehkan Putrinya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Bersumpah Hukum Berat Pasukan Neo Nazi

Rusia Uji Coba Penembakan Rudal Iskander Berkemampuan Nuklir Dekat Polandia dan Lithuania

Kamis, 05 Mei 2022 | 22:29 WIB
header img
Salah satu rudal berkemampuan nuklir dengan platform berpenggerak milik Rusia. (foto: sputnik)

MOSKOW, iNewsKutai.id - Ancaman Rusia menggunakan senjata yang tidak pernah digunakan sebelumnya tampaknya bukan isapan jempol belaka. Buktinya, Kremlin melakukan simulasi penembakan rudal Iskander berkemampuan nuklir dari platform bergerak.

Uji coba penembakan di Kaliningrad itu dilakukan di tengah gencarnya pasokan senjata dari negara Barat ke Ukraina. Peluncuran salah satu rudal andalan Rusia itu digelar dalam latihan perang di Laut Baltik, antara Polandia dan Lithuania yang notabene merupakan anggota NATO.

Penembakan ini juga diduga sebagai peringatan keras setelah Rusia berkali-kali mengingatkan anggota NATO di bawah komando Amerika Serikat menghentikan bantuan senjata ke Ukraina.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia, seperti dikutip dari AFP, Kamis (5/5/2022), menyatakan dalam latihan perang tersebut disimulasikan peluncuran elektronik sistem rudal balistik Iskander berkemampuan nuklir dari platform bergerak.

Pasukan Rusia mempraktikkan serangan tunggal dan ganda pada target sistem peluncur rudal, pangkalan udara, infrastruktur dilindungi, peralatan militer, dan pos komando musuh tiruan. Setelah meluncurkan rudal secara elektronik, pasukan berpindah ke lokasi lain guna menghindari kemungkinan serangan balasan.

Disebutkan, dalam latihan perang yang melibatkan lebih dari 100 prajurit itu, beberapa unit tempur juga mempraktikkan tindakan dalam kondisi radiasi dan kontaminasi bahan kimia. Kremlin berkali-kali memperingatkan neara Barat akan membalas secepat kilat jika mereka terus ikut campur dalam konflik Ukraina. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut