get app
inews
Aa Read Next : Jalan Tol Fungsional Juli 2024, Balikpapan-IKN Bisa Ditempuh 40 Menit

Tak Mau Kecolongan, Pemkot Balikpapan Gelar Tes Swab Acak kepada Penumpang Bandara SAMS Sepinggan

Minggu, 08 Mei 2022 | 14:11 WIB
header img
Petugas Dinas Kesehatan Kota Balikpapan melakukan tes swab acak kepada penumpang di Bandara SAMS Sepinggan. (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Pemkot Balikpapan melakukan tes swab antigen acak kepada penumpang yang tiba di Badara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Sabtu (7/5/2022), kemarin. Pemeriksaan dilakukan di pintu kedatangan bandara terbesar di Kaltim tersebut.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan, tes antigen acak dilakukan sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Petugas dari Dinas Kesehatan mengambil lebih dari 100 sampel penumpang yang tiba di Kota Minyak.

"Instruksi Mendagri 90 sampel tapi kita melakukan swab kepada lebih dari 100 penumpang. Alhamdullillah, tidak ada yang positif, semua negatif. Kita lakukan ini bagian dari ikhtiar, untuk memutus dan mencegah penyebaran Covid 19 di Indonesia khususnya di Kota Balikpapan," jelas Rahmad Masúd.

Dia berharap, tes antigen ini menjadi deteksi dini penularan virus Covid-19. Apalagi, saat ini jumlah kasus virus corona di Kota Balikpapan sudah sangat melandai atau hanya masih ditemukan satu hingga dua orang saja yang saat ini dalam proses penyembuhan. 

"Mudah-mudahan dalam minggu ini kasus nol. Jadi keuntungan buat kita, semua masyarakat Balikpapan merasa aman dan nyaman tidak ada pembatasan dalam beraktivitas lagi," paparnya.

Menurut dia, kondisi harus dipertahankan mengingat saat ini Kota Balikpapan masih ditetapkan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III hingga 9 Mei 2022. "Mudah-mudahan kondisi ini tetap stabil, sehingga Balikpapan bisa turun menjadi PPKM level I lagi," harapnya.

Pelaksanaan tes acak antigen tidak hanya di dilakukan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, rencananya akan dilakukan di Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan memberikan apresiasi kepada Forkopimda, DKK Balikpapan bersama dengan sejumlah stakeholder yang telah melaksanakan instruksi Mendagri dengan melaksanakan kegiatan tes antigen acak selama arus balik libur lebaran tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty menyampaikan, petugas kesehatan yang terlibat dalam pelaksanaan tes antigen di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yakni Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI), Kesehatan Pelabuhan dan Lanud Dhomber. "Pelaksanaan ini sesuai dengan instruksi Mendagri," tutupnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut