get app
inews
Aa Read Next : 5.126 Tenaga Pengamanan Dikerahkan Amankan TPS Pemilu 2024 di Kota Samarinda

Remaja 15 Tahun di Kota Samarinda Menderita Gizi Buruk

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:48 WIB
header img
Ilustrasi penderita gizi buruk mendapat perawatan medis. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Kasus gizi buruk kembali ditemukan di Kota Samarinda. Seorang remaja, Agus (15) warga Jalan Adam Malik 2, Gang Java, Sungai Kunjang, diketahui menderita malnutrisi sehingga berat badannya jauh dari ideal.

Agus diketahui tinggal bersama orang tuanya Noor Patimah. Agus merupakan anak yang masih berusia 15 tahun. Kondisi tersebut, dialami bersangkutan ketika usia lima tahun dan timbangannya hanya mencapai 10 kilogram.

Kepala Dinas Sosial Kaltim M Agus Hari Kesuma melalui Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Achmad Rasyidi mengungkapkan, setelah melakukan kunjungan, ternyata benar ada warga yang mengalami kondisi gizi buruk.

Pihaknya, kemudian bergerak cepat menangani warga yang diduga menderita gizi buruk tersebut. "Kita prihatin masih ada warga yang terindikasi gizi buruk. Karena itu, kesehatan ibu dan anak menjadi perhatian Pemprov Kaltim," ungkap Agus dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Kamis (12/5/2022).

Tahap awal, pihaknya sudah memberikan bantuan berupa paket sembako serta berkoordinasi dengan Dinkes, Puskesmas dan pihak Kecamatan Sungai Kunjang. Adapun bantuan yang diberikan berupa beras lima kilogram, minyak dua liter, gula, tepung, teh, kue kaleng dan sirup serta sejumlah dana untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Berdasarkan laporan, seluruh pihak juga sudah melakukan kunjungan lapangan terkait penanganan dan pemeriksaan kesehatan. Agus kini mendapat pelayanan rawat jalan. Warga tersebut juga diketahui sudah pernah dirawat di RSU AWS dan Dirgahayu, sekarang rawat jalan dengan pihak puskesmas rutin mengunjungi ke rumah pasien.

"Dia sudah memiliki Kartu BPJS Kesehatan," ungkap Agus.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut