get app
inews
Aa Read Next : Ancam Lecehkan Putrinya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Bersumpah Hukum Berat Pasukan Neo Nazi

Rusia Sukses Tembakkan Rudal Zirkon dari Laut Barent, Hancurkan Target di Laut Putih Sejauh 1.000 Km

Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:17 WIB
header img
Kepala perang Rusia menembakkan rudal Zirkon di Laut Barents. (foto: sputnik)

MOSKOW, iNewsKutai.id – Rusia sukses melakukan uji coba penembakan rudal hipersonik Zirkon di tengah meningkatnya ketegangan dengan Barat imbas operasi militer khusus ke Ukraina.

Rudal jelajah tersebut berhasil menghancurkan target pada jarak 1.000 kilometer. Itu artinya, Rusia mampu menjangkau seluruh negara tetangganya di Eropa jika harus terlibat konfrontasi militer dengan NATO.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia memaparkan, rudal Zirkon ditembakkan dari sebuah kapal peluncur rudal di Laut Barents dan mengenai sasaran di Laut Putih. Dalam video yang dirilis Kemhan Rusia, sebuah kapal perang menembakkan rudal yang melesat cepat.

Presiden Vladimir Putin menggambarkan rudal Zirkon sebagai bagian dari generasi baru sistem persenjataan yang tak tertandingi. Senjata hipersonik itu dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara.

Rusia telah melakukan uji peluncuran Zirkon sebelumnya dari kapal perang dan kapal selam pada tahun lalu.

Sejak 24 Februari lalu, Moskow melancarkan operasi militer ke Ukraina. Selama agresi tersebut, militer Rusia pun terus melakukan uji coba senjata tingkat tinggi untuk mengingatkan dunia akan kehebatannya dalam teknologi rudal.

Bulan lalu, Moskow meluncurkan uji coba rudal antarbenua berkemampuan nuklir baru, Sarmat, yang mampu membawa 10 atau lebih hulu ledak. Rudal itu bahkan dapat digunakan menyerang Amerika Serikat.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut