get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Isran Noor Klaim Air Bersih di IKN Nusantara Bisa Langsung Diminum dari Keran

Senin, 30 Mei 2022 | 17:23 WIB
header img
Gubernur Kaltim Isran Noor mengklaim pasokan air bersih di IKN Nusantara bisa langsung diminum. (foto: dok MPI)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Gubernur Kaltim Isran Noor membocorkan kelebihan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya adalah fasilitas air bersih yang diklaim bisa langsung dikonsumsi.

"Untuk sumber air. Yang jelas air bersih di IKN Nusantarabisa langsung diminum. Ketika keluar dari keran bisa langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak," ungkapnya saat meresmikan Intalasi Pengelolaan Air Bersih (IPA) Bengkuring dengan kapasitas 60 liter per detik, di Jalan Pakis Perumahan Bengkuring Samarinda, Senin (30/5/2022).

Mantan Bupati Kutai Timur itu mengatakan, hal tersebut menunjukkan jika pembangunan IKN Nusantara bukan proyek kecil. Dia juga menepis kekhawatiran akan ancaman krisis air di Ibu Kota baru nanti.

"Tidak ada masalah dengan sumber air, reservoar-nya juga sudah dibangun. Sistem pengelolaannya juga menggunakan teknologi yang canggih. Itu menjadi tanggung jawab Otorita IKN yang melaksanakannya," jelas Isran.

Sekadar diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang merampungkan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara. Diharapkan, bendungan yang akan menjadi pemasok utama kebutuhan air bersih di IKN Nusantara rampung awal 2023. 

Bendungan Sepaku Semoi memiliki  luas genangan 280 hektare dan kapasitas tampung 10,6 juta meter kubik. Selanjutnya dengan adanya IKN akan dioptimalkan untuk penyediaan air baku berkapasitas 2.500 liter/detik dan mereduksi banjir 55 persen. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut