get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Makin Berani, KKB Papua Duduki Bandara Kenyam dan Tantang TNI/Polri Perang Terbuka

Selasa, 07 Juni 2022 | 16:32 WIB
header img
KKB Papua menyerang pesawat sipil dan menantang pasukan TN/Polri perang terbuka. (Foto: Dok/Ist)

JAYAPURA, iNewsKutai.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua semakin berani. Mereka menduduki Bandara Kenyam di Kabupaten Nduga dan menembaki pesawat sipil yang hendak mendarat, Selasa (7/6/2022).

KKB pimpinan Egianus Kogoya itu juga mengibarkan bendera bintang kejora di landasan pesawat yang tak dijaga pasukan TNI tersebut. Setelah itu, mereka juga menyebar video tantangan kepada aparat TNI/Polri untuk melakukan perang terbuka.

Video itu menampakkan belasan anggota KKB dan sebagian di antaranya menenteng senjata api. Sisanya menggunakan senjata tradisional seperti panah dan tombak.

Kapolres Nduga AKBP Komang membenarkan jika ada penembakan pesawat sipil di Bandara Kenyam. "Memang benar ada penembakan terhadap pesawat Sam Air sekitar pukul 10.15 WIT," ujarnya, Selasa (7/6/2022).

Sebelumnya, Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembaki Pos Runway 25 Satgas Lanud BKO Kodam XVII/Cenderawasih di Pasar Tradisional Ilaga, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (13/5/2022) pukul 09.29 WIT. 

Dua pesawat yang hendak mendarat akhirnya kembali ke Timika. Berondongan tembakan terjadi saat pesawat kargo Asian One hendak mendarat di Bandara Aminggaru, Ilaga. 

Namun dipastikan pesawat dalam keadaaan aman. Pesawat tersebut sudah kembali take-off ke Bandara Mozes Kilangin Timika karena situasi tidak memungkinkan untuk melaksanakan bongkar muat barang.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut