get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Ramadan, Kaltim Diguyur 135.256 Liter Minyak Goreng Curah

Catat Ibu-ibu, Beli Minyak Goreng Curah Rp14.000 per Liter Wajib Bawa KTP, Simak Caranya

Selasa, 07 Juni 2022 | 17:34 WIB
header img
Pembelian minyak goreng curah Rp14.000 dilakukan dengan menunjukkan KTP di warung mitra. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemerintah mewajibkan syarat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam program minyak goreng curah rakyat (MGCR) untuk memastikan tepat sasaran. Minyak goreng curah ini disalurkan ke pasar dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp14.000 per liter.

Pertanyaannya, bagaimana masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng murah tersebut dan mekanisme pembeliannya? Ternyata, minyak goreng ini hanya dijual di warung mitra yang telah ditentukan dan ditandai dengan spanduk MigorRakyat.

Pembeli cukup menunjukkan KTP kepada pedagang untuk pendataan pembelian per hari karena dibatasi maksimal 2 liter per hari. Kepala Divisi Retail & E-Commerce PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), Rifki Steovani mengungkapkan, harga minyak goreng yang dijual sesuai HET Rp14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram.  

"Masyarakat bisa mengetahui warung yang menjual minyak goreng curah dengan cara melihat spanduk yang telah dipasang di warung warung mitra warung pangan (spanduk minyak goreng curah #MigorRakyat). Setelah itu tinggal tunjukkan KTP dan beli migor curahnya. Tapi pembelian dibatasi, maksimal 2 liter per hari," ujar Rifki, Selasa (7/6/2022).

Dia menambahkan, untuk mendukung program pemerintah mendistribusikan minyak goreng curah tepat sasaran dan mudah dijangkau oleh masyarakat Indonesia, saat ini PPI tengah mengembangkan aplikasi baru yang bernama MauBeli.com. 

Aplikasi ini nantinya diperuntukkan bagi end user/masyarakat. Rifki menjelaskan, di aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui warung-warung mana saja yang menjual minyak goreng curah di sekitar tempat tinggal. 

"Kalau saat ini kan mungkin masyarakat kesulitan menemui warung yang bertanda #MigorRakyat walaupun sebenarnya sudah banyak warung-warung yang bermitra dengan kami. Tapi supaya lebih mudah dijangkau lagi, kami sedang mengembangkan aplikasi MauBeli.com," ucapnya.

"Nah, aplikasi ini nanti pasti bisa bantu masyarakat untuk cari tahu warung mana (yang terderkat dari mereka) yang jual migor curah Rp14.000 per liter itu," sambungnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut