get app
inews
Aa Read Next : Gabung PO Kencana, Mimpi Rian Mahendra Operasikan Bus Double Decker Terwujud

Deretan PO Bus Legendaris Ini Penguasa Jalur Pantura, Nomor 4 Terkenal Ngebut

Sabtu, 11 Juni 2022 | 10:17 WIB
header img
Deretan PO legendaris yang menjadi penguasa jalur pantura. (foto dok inews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Jauh sebelum tol Trans Jawa dibangun, jalur pantura menjadi medan pertempuran bagi perusahaan otobus (PO) di Pulau Jawa. Di jalur yang membentang dari Merak hingga ke Banyuwangi, PO saling sikut untuk menjadi penguasa pantura.

PO bertarung memperebutkan penumpang hingga mengejar ketepatan waktu di jalur yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda tersebut. Tidak heran, jalur pantura identik dengan sejumlah PO bus legendaris yang armadanya hilir mudik saban hari.

Di jalur ini pula, mereka membentuk komunitas yang turut mendongkrak image PO di mata pelanggan. Dirangkum iNews Kutai dari berbagai sumber, berikut deretan PO legendaris yang menjadi penguasa pantura.

1. Luragung Jaya 

PO bus pertama yang dijuluki sebagai penguasa jalur Pantura adalah Luragung Jaya. PO bus yang satu ini berasal dari kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bus ini bisa dibilang melegenda.

2. Setia Negara 

Setia Negara merupakan perusahaan otobus yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Setia Negara terkenal memiliki sopir termapil. PO bus Setia Negara merupakan saingan berat Luragung Jaya. 

3. Pahala Kencana 

Berbicara soal penguasa jalur Pantura, Pahala Kencana tidak boleh dilewatkan. Merekq sudah dikenal sejak 1990 hingga 2000. Pahala Kencana merupakan PO bus dari Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Saat itu, mereka dikenal sebagai rajanya aspal.  

4. Eka & Mira 

Kalau kalian berasal dari Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan PO Eka & Mira. PO bus ini terkenal sebagai penguasa Pantura dengan laju kecepatan sangat tinggi. Skill sopirnya dalam mengemudi bus tak diragukan lagi.  

Saat ini PO Eka & Mira terus berbenah memperbaiki pelayanannya pada konsumen. Selain menghadirkan armada bus yang terbaru, PO bus ini juga mulai menerapkan limit kecepatan pada tiap armadanya. 

5. Sumber Kencono 

Sumber Kencono tidak asing di telinga busmania. Bus ini dikenal sebagai armada dengan ketepatan waktunya. PO Sumber Kencono didirikan oleh Setyaki Sasongko di Sidoarjo, Jawa Timur, pada 1981. Memiliki pelayanan baik membuat PO Sumber Kencono terus berkembang. 

Bahkan pada tahun 2005, 2007 dan 2008, PO Sumber Kencono mendapatkan penghargaan dari Menteri Perhubungan sebagai salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik selama penyelenggaraan angkutan Lebaran. Mereka pun bertranformasi dengan beberapa nama, salah satunya Sumber Jaya. 
 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut