get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Tak Kalah dengan Bus Jawa, 5 PO Asal Kalimantan Ini Operasikan Armada Mewah

Senin, 04 Juli 2022 | 12:04 WIB
header img
Armada bus Samarinda Lestari yang melayani rute dari Kota Samarinda menuju Banjarmasin PP. (foto: ist/ayonaikbis)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Bus mewah saat ini seolah sudah menjadi keharusan dalam memenangkan persaingan industri transportasi darat. Tidak hanya di Pulau Jawa dan Sumatera, PO bus di Kalimantan juga berlomba meremajakan armada dengan keluaran terbaru.

Bus-bus ini melayani rute antara provini seperti dari Samarinda Kalimantan Timur ke Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, kemudian Banjarmasin menuju Palangkaraya Kalimantan Tengah dan Pontianak di Kalimantan Barat.

Armada terbaru dengan sederet kemewahan yang memanjakan, menjadi daya tarik penumpang di tengah ketatnya persaingan PO bus di Tanah Borneo. Dirangkum berbagai sumber, berikut 5 PO yang menawarkan armada mewah dan layak dicoba:


1. Adau Kapuas 

Namanya memang kurang familiar di kalangan bismania. Namun bicara soal kemewahan armada, Adau Kapuas bisa dibilang adalah yang paling lengkap dari segi fasilitas.

Meski hanya menggunakan sasis Hino RK260 yang merupakan bus dengan suspensi halus dan karoseri Laksana, armadanya menjadi suite class. Di dalam kabin, bus memiliki beragam fasilitas mewah. Pertama ada jok model sleeper sebanyak 21 seat yang dapat direbahkan hingga 150 derajat, kemudiann TV LED, pencahayaan yang nyaman untuk tidur, hingga toilet.

2. Kapuas Raya Express 

Bus mewah asal Kalimantan pertama lahir dari perusahaan otobus (PO) Kapuas Raya Express. Bagaimana tidak mewah, bus mengaspal dengan menggunakan sasis Scania serta Mercedes-Benz. 

Bus milik Kapuas Raya Express ini juga memakai bodi dari karoseri Adiputro dan Tentrem. Konfigurasi kursinya 2+1 dengan kursi yang besar-besar lengkap dengan bantal dan selimutnya. 

Tidak berhenti di situ, bus Kapuas Raya Express juga menawarkan beragam fasilitas mewah lainnya, mulai dari AC, sandaran kaki, TV, karaoke, toilet, dan snack yang lezat. 

3. Yessoe Travel 

Untuk memanjakan penumpangnya, PO Yessoe Travel  selalu menggunakan armada terbaru dari karoseri ternama. Kebanyakan bus dari Yessoe Travel menggunakan unit dari karoseri Laksana di antaranya model Legacy Sky SR 1 dan Discovery. 

Selain kursi yang nyaman, bus dari Yessoe Travel juga punya beragam fasilitas lain. Untuk kelas tertinggi, fasilitas yang ditawarkan PO Yessoe Travel, antara lain AC, LCD TV, Toilet, jok dengan leg rest dan juga terdapat smoking room bagi penumpang yang merokok.

4. Samarinda Lestari 

Selain yang telah disebutkan di atas, bus mewah juga datang dari perusahaan otobus Samarinda Lestari. Bus menggunakan bodi dari karoseri Laksana dengan model Legacy SR2 HD Prime S Series. Untuk konfigurasi kursi menggunakan 2+2. Meski demikian, masih cukup lega dan nyaman. Belum lagi ditambah fasilitas seperti TV, karaoke, dan juga toilet yang menambah kemewahan bus yang satu ini. 

5. Pulau Indah Jaya  

Pulau Indah Jaya masih satu grup dengan Samarinda Lestari. Perusahaan otobus ini melayani trayek antar kota antar provinsi (AKAP) dari Kalimantan Selatan ke Kalimantan Timur setiap harinya. Pulau Indah Jaya juga memiliki armada bus mewah untuk memanjakan para penumpangnya. 

Bus punya interior yang dibalut warna coklat kayu sehingga tidak hanya mewah tapi juga menambah kesan elegan. Jarak kursi bus Pulau Indah Jaya cukup lega meskipun belum memiliki fitur reclining seat. Adapun armada Pulau Indah Jaya menggunakan bodi Legacy SR2 S Series dari karoseri Laksana. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut