Cara Mengatasi Migren, Ampuh Tanpa Obat Dokter

Muhammad Sukardi
Migren atau sakit kepala sebelah bisa diatasi tanpa obat dokter. (Foto:Mens Healt)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Migren menjadi salah satu penyakit yang kerap dialami terutama oleh orang dewasa dan lanjut usia. Rasa sakit kepala sebelah ini cukup mengganggu aktivitas.

Tidak sedikit yang mengalaminya terpaksa mengonsumsi obat pereda sakit. Pasalnya, pada kasus serius, bisa menyebabkan masalah keseimbangan tubuh. Padahal, migren sebenarnya bisa diatasi tanpa harus meminum obat kimia.

Cara alami bisa ditempuh dan cukup sederhana karena sangat berkaitan dengan pola hidup sehari-hari. Melansir dari Mayo Clinic, ada beberapa perubahan perilaku sehari-hari yang bisa dijadikan cara mengatasi migren. 

Bahkan, cara-cara ini bisa mencegah sakit kepala itu muncul lagi. Apa saja sih? Berikut cara mengatasi migren seperti dirangkum pada Sabtu (3/9/2022).

1. Ciptakan Kenyamanan di Rumah

Cara mengatasi migren di urutan pertama, adalah menciptakan suasana rumah yang nyaman. Arti nyaman di sini yakni membatasi paparan sinar matahari  langsung di ruangan. Sebab, migren membuat Anda sensitif terhadap cahaya. Nah, dengan membuat suasana rumah lebih sejuk, itu bisa membuat Anda lebih santai dan tenang. 

2. Tidur Cukup

selanjutnya, yakni mendapatkan tidur yang cukup. Kondisi migren dapat membuat seseorang susah tidur atau terbangun di tengah malam. Demi mendapatkan tidur yang berkualitas, terdapat banyak faktor, salah satunya jam tidur. Pada orang dewasa, sebaiknya tidur malam selama 7-8 jam. 

Selain itu, jauhkan ponsel sebelum tidur. Hal yang tak kalah penting adalah perhatikan obat yang Anda minum sebelum tidur, karena ada beberapa obat migren yang mengandung kafein dan itu dapat mengganggu tidur. 

3. Makan Tepat Waktu

Kebiasaan makan Anda memengaruhi migren. Anda disarankan makan di jam yang sama setiap harinya. Sebab, telat makan akan memicu migrain. Selain itu, jangan sekali-kali melewatkan rutinitas makan, seperti sarapan dan makan siang. Sebab, tidak makan atau tidak mendapatkan nutrisi yang cukup juga bisa memicu sakit kepala.  

4. Olahraga Teratur 

Cara mengatasi migren lainnya, yaitu berolahraga secara teratur. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan bahan kimia tertentu yang membantu mengurangi kecemasan dan depresi,  yang mana dua hal itu memperburuk migren. Di samping itu, berolahraga secara teratur, juga bisa memperbaiki kualitas tidur Anda. 

5. Kelola Stres 

Cara mengatasi migren di urutan terakhir, yakni mengelola stres. Seperti dijelaskan sebelumnya, stres memicu migren. Sebab itu, mengelola stres bisa menurunkan risiko sakit kepala. Nah, ada banyak cara untuk mengelola stres, salah satunya hidup lebih sederhana. 

Kemudian, sebisa mungkin nikmati hari ini untuk diri Anda sendiri. Semakin Anda bahagia atas diri Anda sendiri, ini meningkatkan kesadaran dan juga sikap positif, sehingga berkontribusi pada pengelolaan stres yang lebih baik.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network