Bikin Bangga, 4 Atlet Kukar Sumbang Medali untuk Indonesia di SEA Games 2023, Ini Daftarnya

Emy Adawiyah
Empat atlet Kutai Kartanegara turut menyumbang medali untuk kontingan Indonesia di SEA Games 2023. (foto: pssi)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Kutai Kartanegara (Kukar) patut berbangga. Empat atlet dari Kukar berhasil menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Phonm Penh, Kamboja.

SEA Games 2023 sudah berakhir, Rabu 17 Mei 2023 lalu. Kontingen Indonesia mengemas 277 keping medali dan berada di peringkat tiga di bawah Vietnam serta Thailand.

Rinciannya, medali emas 86 keping, perak 81 keping, dan perunggu 110. Dari jumlah tersebut, ada empat atlet asal Kutai Kartanegara yang turut andil menyumbangkan medali. Mereka sebelumnya terpilih masuk Pelatnas SEA Games.

Berikut daftar empat atlet Kutai Kartanegara yang menyumbang medali di SEA Games 2023:

1. Annisa Safitria

Annisa Safitria (foto: kemenpora)

Annisa Safitria merupakan atlet cabang olahraga Wrestling atau gulat. Jebolan Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim itu berhasil mempersembahkan medali perunggu bagi kontingen Indonesia di nomor Women's 50Kg.

2. Ardam dan Jerry Efendi 

Ardam dan Jerry Efendi, atlet hockey asal Kutai Kartanegara. (foto: ist)

Ardam dan Jerry Efendi merupakan pemain timnas hockey asal Kutai Kartanegara. Di SEA Games 2023, keduanya turut menyumbangkan medali perunggu untuk kontingen Indonesia.

Timnas Hockey meraih perunggu setelah pada laga pamungkas dikalahkan Malaysia dengan skor 2-4. Hasil ini membuat Indonesia harus puas mengakhiri turnamen di peringkat 3 dan mendapat medali perunggu.

Padahal, pada tiga laga sebelumnya, Indonesia mengemas dua kemenangan dan sekali imbang.

3. Muhammad Taufany Muslihuddin

Gelandang timnas Indonesia Muhammad Taufany Muslihuddin. (foto: pssi)

Nama Taufany seketika menjadi topik pembicaraan publik sepak bola nasional. Hal ini tidak lepas dari aksi pemain timnas Indonesia pada laga semifinal melawan Vietnam. Berkat golnya pada detik-detik akhir pertandingan, tim Merah Putih melaju ke babak final dengan skor 3-2.

Pada babak final melawan Thailand, Taufany sempat bermain pada babak pertama sebelum ditarik keluar. Lewat laga yang berlangsung dramatis tersebut, Indonesia akhirnya membawa pulang medali emas cabang sepak bola setelah 32 tahun puasa medali.

Terkait atlet asal Kutai Kartanegara menjadi penyumbang medali untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2023, Bupati Edi Damansyah berjanji akan memberikan apresiasi karena telah mengharumkan nama bangsa.

"Tentu akan kita berikan apresiasi, kita tunggu saja," kata Edi kepada wartawan. 

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network