Sandal Wanita Berusia 1.500 Tahun Ditemukan, Berisi Pesan Manis dalam Bahasa Yunani

Wasis Wibowo/Rivo
Pada saat penggalian di Istanbul, Turki, ditemukan sepasang sandal wanita berusia 1.500 tahun dengan pesan manis dalam bahasa Yunani. Foto: Dayli Sabah

Banyak dari item ini dihiasi dengan cara yang indah. Warna merah, yang biasanya digunakan untuk sepatu pria, ternyata merupakan warna yang paling umum digunakan untuk sepatu wanita.

Jarang ditemui dompet terlihat, dan tampaknya terbuat dari tekstil yang cocok dengan gaun, atau mungkin dimasukkan ke dalam selempang.

Selama penggalian ini, telah ditemukan jejak-jejak dari berbagai periode sejarah, termasuk kerangka manusia pertama yang berasal dari Istanbul.

Jejak kaki sepanjang 8.500 tahun di Pelabuhan Eleutherios (Theodosius), sebuah pelabuhan yang dikenal dalam literatur dunia tetapi tidak pernah ditemukan sebelumnya.

Penggalian ini juga mencakup koleksi kapal tenggelam terbesar dari Abad Pertengahan di dunia, serta 60.000 tulang hewan dari 57 spesies beserta fosil tumbuhan. 

Pelabuhan Eleutherios, yang dulunya merupakan salah satu pelabuhan kuno Konstantinopel, terletak di bawah wilayah Yenikapi yang modern di Istanbul. Pelabuhan ini dibangun di muara Sungai Lycus yang mengalir melalui kota menuju Propontis. 

Pelabuhan ini didirikan pada akhir abad ke-4 pada masa pemerintahan Theodosius I, dan menjadi pusat perdagangan utama pada Zaman Kuno Akhir. Pelabuhan ini terus digunakan hingga abad ke-11. 

Akibat sedimentasi dan erosi di hulu sungai, lumpur dari Sungai Lycus akhirnya memenuhi pelabuhan sepenuhnya. Kemudian, daerah tersebut diubah menjadi lahan pertanian. 

Pada zaman Ottoman, daerah tersebut sepenuhnya dibangun. Pada bulan November 2005, para pekerja proyek Marmaray menemukan sisa-sisa pelabuhan yang tertimbun lumpur. 

Penggalian tersebut menghasilkan bukti tentang Portus Theodosiacus dari abad ke-4. Selama penggalian tersebut, para arkeolog menemukan jejak tembok kota Konstantinus Agung, serta sisa-sisa lebih dari 35 kapal Bizantium dari abad ke-7 hingga ke-10, termasuk beberapa galai Bizantium yang belum pernah ditemukan sebelumnya. 

Penggalian ini juga menemukan bukti pemukiman tertua di Konstantinopel, termasuk artefak seperti amphora, pecahan keramik, kerang, potongan tulang, tengkorak kuda, dan sembilan tengkorak manusia yang ditemukan dalam tas, yang berasal dari tahun 6000 SM.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network