Mundur dari Kepala Badan Otorita IKN Nusantara, Ini Jabatan Baru Bambang Susantono

Raka Dwi Novianto
Bambang Susantono mendapat tugas baru sebagai sebagai utusan khusus Presiden untuk kerja sama Internasional pembangunan IKN. (foto: setpres)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Bambang Susantono mendapat tugas baru usai mundur sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bambang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai utusan khusus Presiden untuk kerja sama Internasional pembangunan IKN. 

Pengangkatan Bambang Susantono tertuang dalam aturan yang telah ditandatangani Jokowi pada 11 Juni 2024 lalu.

"Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 39/M Tahun 2024, tentang pengangkatan Bapak Bambang Susantono sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Kerja Sama Internasional Pembangunan Ibu Kota Nusantara," ungkap Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Kamis (13/6/2024).

Ari menjelaskan, dalam jabatan barunya, Bambang bertugas mendorong masuknya investasi asing di IKN. Selain itu, dia juga akan mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kerja sama internasional di IKN.

"Membantu pelaksanaan 'market sounding' pembangunan IKN dalam pertemuan ekonomi bilateral maupun internasional, serta melaksanakan tugas lain yg berkaitan dengan kerja sama internasional pembangunan IKN yang diberikan oleh Presiden," ujarnya.

Sebelumnya, Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe mundur dari jabatannya sebagai kepala serta wakil kepala Badan Otorita IKN Nusantara pada Senin (3/6/2024) lalu.

Sebagai pengganti, Jokowi menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai pelaksana tugas kepala badan otorita.

Sementara wakilnya adalah Raja Juli Antoni yang saat ini menjabat wakil menteri Pertanahan.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network