Realisasi Investasi Kaltim Triwulan III Capai Rp55 Triliun, Didominasi Investor dalam Negeri

Emy Adawiyah
Realisasi investasi di Kaltim pada Triwulan III 2024 mencapai Rp55 triliun. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id – Penanaman modal di Kalimantan Timur terus menunjukkan pertumbuhan signifikan. Hingga Triwulan III 2024, capaian realisasi investasi tercatat Rp 55,82 triliun. 

 Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim, Fahmi Prima Laksana menjelaskan, akumulasi realisasi investasi Triwulan III/2024 terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp Rp38,65 triliun dan realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp17,16 triliun.

Pencapaian ini membuat Fahmi optimistis realisasi investasi di Kaltim mencapai target yang telah ditetapkan yakni Rp76,02 triliun.

"Track record capaian realisasi investasi kita cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Sejak 2020, realisasi investasi Kaltim terus mengalami peningkatan bahkan melampaui target yang ditetapkan," ungkap Fahmi dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Minggu (20/10/2024). 

Meski konsisten menunjukkan pertumbuhan, namun Fahmi mengakui jika sektor penanaman modal di Benua Etam masih menemui sejumlah tantangan. 

Mulai dari kurangnya aksesibilitas dan ketersediaan infrastruktur penunjang investasi, rendahnya daya saing sektor unggulan, kurang optimalnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta promosi investasi yang belum komprehensif. 

Di tengah hambatan tersebut, Fahmi tetap berkeyakinan investasi di Kaltim akan terus meningkat. Terlebih dengan hadirnya proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang menjadi magnet baru bagi investasi. 

"IKN ini menjadi daya tarik bagi para investor dalam negeri dan asing untuk menanamkan modalnya,"pungkas Fahmi.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network