get app
inews
Aa Read Next : Gabung PO Kencana, Mimpi Rian Mahendra Operasikan Bus Double Decker Terwujud

Perusahaan Otobus dengan Trayek Terjauh, Bus Sumatera Raja Jalanan Indonesia

Minggu, 19 Juni 2022 | 10:00 WIB
header img
PO dengan trayek terjauh melayani dari Sumatera hingga NTB. (Foto: Instagram/Antara)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Berbicara transportasi antar daerah bahkan pulau tidak bisa dilepaskan dari armada bus antar kota antar provinsi (AKAP). Jauh sebelum tiket pesawat cukup terjangkau, bus adalah pilihan utama selain kapal laut.

Tidak heran, banyak perusahaan otobus (PO) legendaris yang melayani angkutan antar pulau. Sekali jalan, armada bus bisa menempuh jarak hingga ribuan kilometer. Sumatera, Jawa, Bali, dan NTB bisa dihubungkan dalam sekali jalan.

PO bus yang melayani angkutan jarak jauh ini sudah melegendaris di kalangan pengguna bus maupun bismania. Lalu, PO mana saja yang melayani trayek angkutan paling jauh di Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini deretan PO bus yang menjadi raja jalanan dengan melayani rute terjauh di Tanah Air.

1. Antar Lintas Sumatera

Antar Lintas Sumatera atau ALS merupakan PO bus asal Mandailing, Sumatera Utara. PO dengan livery bus dominan warna hijau tua dan hitam ini didirikan pada 1966.

Saking legendarisnya di kalangan pengguna buss, PO ini dikenal sebagai raja jalanan dan mampu mengangkut segala macam paket dari Sumatera. PO ini mampu bertahan di tengah gempuran tiket murah transportasi udara dan kehadiran perusahaan lain.

Salah satu yang membuatnya legendaris adalah layanan angkutan terjauh di Indonesia. ALS melayani trayek Medan-Jember dengan jarak sekitar 3.000 km. Perjalanan bus ini memakan waktu minimal seminggu.

2. PO PMTOH 

Berdiri pada 1957, Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) merupakan salah satu PO bus tertua di Indonesia. Perusahaan yang berdiri di Aceh ini melayani trayek terjauh Medan-Solo dengan jarak 2.524 km. Perjalanan antar pulau ini ditempuh dalam waktu minimal 55 jam. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut