get app
inews
Aa Read Next : Kementerian Kesehatan Imbau Masyarakat Kembali Pakai Masker, Ada Apa?

Demam Disertai Hilang Nafsu Makan, Waspada Gejala Hepatitis Akut

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:19 WIB
header img
Demam dan hilang nafsu makan bia menjadi gejala hepatitis akut. (Foto:Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Hepatitis Akut menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai saat ini. Pasalnya, penyakit yang dipicu virus misterius ini, menunjukkan gejala yang umum terjadi pada orang sakit.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, dari 70 kasus kumulatif yang telah diidentifikasi di Indonesia, ada beberapa gejala paling banyak dirasakan oleh pasien. 

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril mengungkapkan, mayoritas gejala yang dialami pasien adalah demam, mual, muntah, dan kuning.

Dalam konferensi pers Update Covid-19, Hepatitis Akut dan Cacar Monyet, dia menyampaikan presentase gejala yang dialami oleh pasien. Mulai dari mual, muntah, demam, hingga hilang nafsu makan.

Demam menjadi gejala mayoritas dengan presentase 76,7 persen, kemudian mual (66,7 persen), muntah (66,7 persen), penyakit kuning (66,7 persen), hilang nafsu makan (50 persen), nyeri bagian perut (46,7 persen), dan diare akut (33,3 persen)

Lebih lanjut, dikatakan bahwa pasien yang telah diidentifikasi dari 70 kasus kumulatif, 16 probable, 14 pending, dan 40 discarded yang tersebar di 21 Provinsi. Dia mengatakan discarded artinya kasus yang disingkirkan karena penyebabnya sudah diketahui dan bukan dari kelompok hepatitis.

Perlu diketahui, sampai saat ini definisi hepatitis belum diputuskan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). WHO masih menunggu definisi, seperti halnya PCR positif untuk Covid-19, tapi untuk hepatitis ini, masih belum ada yang disebut dengan konfirmasi (hepatitis akut).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut