get app
inews
Aa Read Next : Curi Motor di Parkiran Minimarket, Residivis Kambuhan Kembali Ditangkap Polisi

Jelang Idul Adha, Harga Cabai di Kota Samarinda Makin Pedas

Rabu, 06 Juli 2022 | 18:00 WIB
header img
Harga cabai di Kota Samarinda masih berkisar Rp100.000 per kilogram. (foto: Ilustrasi/Ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Harga komoditas bahan pokok khususnya cabai dan bawang merah di sejumlah pasar tradisional Kota Samarinda, masih cukup tinggi. Hingga Selasa (5/7/2022), untuk cabai masih berkisar pada angka Rp100.000 per kilogram.

Kenaikan harga ini sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir dan diprediksi bertahan hingga hari raya. Meningkatnya permintaan jelang Idul Adha dan terbatasnya pasokan membuat harga komoditas bumbu dapur ini melonjak. 

Sementara untuk komoditas bawang merah masih berkisar antara Rp40.000 hingga Rp48.000 per kilogram. Sementara untuk komoditas bawang putih cenderung stabil karena stoknya melimpah.

"Harga cabai masih tinggi karena memang pasokannya kurang dan permintaan sedang tinggi menjelang hari raya. Tapi secara umum, stok bahan pokok aman meski ada kenaikan harga," kata Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi dikutip dari laman Pemkot Samarinda, Rabu (6/7/2022).

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas daging sapi lokal yang mencapai Rp150.000 per kilogram. Namun, masalah muncul karena serbuan daging impor yang jauh lebih murah. Akibatnya, tidak sedikit pedagang yang merugi karena kesulitan menjual daging sapi lokal mengingat selisih harga mencapai Rp30.000 per kilogram. 

Saat melakukan sidak ke pasar tradisional, Rusmadi juga menghimbau masyarakat agar lebih selektif membeli ikan terutama untuk ikan kering agar terhindar dari bahan kimia seperti formalin dan boraks yang berbahaya bagi kesehatan.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut