get app
inews
Aa Read Next : Pimpin Apel Terakhir, Isran Noor-Hadi Mulyadi Pamit ke ASN hingga Cleaning Service

Jadi Khatib Idul Adha 1443 H, Wagub Hadi Mulyadi Ajak Umat Islam Teladani Prinsip Hidup Nabi Ibrahim

Minggu, 10 Juli 2022 | 17:07 WIB
header img
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi menjadi khatib shalat Idul Adha di Kota Samarinda. (foto: adpim kaltim)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi menjadi khatib salat Idul Adha 1443 H di Masjid Al Kautsar, Prefab, Samarinda Ulu, Minggu (10/7/2022). Dalam khutbahnya, Hadi mengajak umat Islam meneladani kehidupan Nabi Ibrahim AS.

Hadi mengatakan, ada empat prinsip hidup dari Nabi Ibrahim Alaihis Salam yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, selalu berdoa kepada Allah SWT. Hal ini bukan hanya menunjukkan bahwa umatnya rendah di depan Allah, tetapi memang hanya kepada Nya lah kita memohon. 

"Kedua, harus memiliki semangat berusaha. Sesulit apapun keadaan dan kehidupan kita, tetapi jika terus berusaha maka akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan bantuan Allah SWT,” jelasnya.

Ketiga, memiliki hati yang bersih dan tajam. Hati, sebut Hadi, sama halnya dengan sebuah benda, jika tidak dipakai maka akan kotor dan berdebu. Namun kotornya hati dikarenakan penyakit yang timbul karena sikap dari dalam diri. Untuk itu hati haruslah bersih.

“Setelah hati menjadi bersih, maka hati akan tajam. Hati yang tajam akan mudah membedakan mana hal yang benar dan salah, mana hal yang baik dan buruk,” urainya.

Prinsip hidup keempat atau yang terakhir adalah tidak menyombongkan diri atas kebaikan yang dilakukan. “Ini sebagai upaya memperbaiki kualitas hidup masing-masing, baik sebagai pribadi, keluarga, lingkungan masyarakat maupun berbangsa dan bernegara,” pesannya.

Tak lupa, Hadi juga mengajak seluruh jamaah Salat Ied untuk bersyukur atas nikmat Islam dan Iman karena bisa dipertemukan dan menikmati Salat Idul Adha setelah menjalankan puasa Arafah sehari sebelumnya. 

Dia juga meminta seluruh jamaah untuk mendokan umat Islam yang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci bisa menjadi haji yang mabrur,” ucap Hadi.

Setelah menyelesaikan Salat Iduladha, mantan legislator Senayan dan Karang Paci ini menyerahkan bantuan hewan kurban berupa satu ekor sapi kepada pengurus Masjid Al Kautsar Prefab. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut