get app
inews
Aa Read Next : Takut Kekuatan Spiritual Hilang, Dukun Ini Sudah Kawini 7 Pria untuk Hilangkan Kutukan

Heboh Kakek Pencuri Mayat, Incar Alis dan Kelopak Mata untuk Praktik Perdukunan

Kamis, 14 Juli 2022 | 11:59 WIB
header img
Kakek pencuri mayat ditangkap karena mengambil alis dan kelopak mata jenazah untuk praktik perdukunan. (foto: humas)

BARABAI, iNewsKutai.id - Kakek pencuri mayat menghebohkan warga Desa Benawa Tengah, Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) Kalsel setelah mencuri alis dan kelopak mata jenazah untuk praktik perdukunan. Tidak tanggung-tanggung, sudah 44 mayat jadi sasarannya.

Ulah Sayuti (65) itu terungkap setelah berusaha mencuri alis dan kelopak mata jenazah Sandariah (80) pada Selasa (12/7/2022). Beruntung anak korban memergoki pelaku saat beraksi.

Sayuti kemudian ditangkap oleh penyidik Polres Hulu Sungai Tengah di rumahnya setelah pihaknya menerima laporan keluarga jenazah. Kasat Reskrim AKP Antoni Silalahi menjelaskan, tersangka menjalankan aksinya dengan modus datang melayat ke rumah keluarga yang meninggal dunia. 

Pelaku kemudian ikut duduk di samping jenazah sambil membacakan surah Yasin. 

"Dia pura-pura melayat terus baca yasin. Kalau sudah sepi, pelaku menyayat dengan silet yang dibawa," jelas Antoni dalam keterangannya, Rabu (13/7/2022).

Namun, saat keluarga korban lengah, dia mengiris kedua alis  kedua kelopak mata jenazah. "Kami cek di lokasi ternyata benar, alis mata dan kelopak matanya jenazah hilang," katanya.

Kepada polisi, pelaku mengaku melakukan aksinya untuk kekebalan tubuhnya serta mengobati orang lain atau sebagai penambahan. 

Kakek Sayuti (65) diduga kuat telah beraksi terhadap 44 jenazah. Hal ini terungkap saat penggeledahan ditemukan 88 pasang  alis. Sebanyak empat pasang di antaranya sudah dikembalikan ke pihak keluarga jenazah.

Dijelaskan, barang bukti dibungkus kertas timah setelah dikeringkan dan ditaruh ke dalam bakul purun. "Yang jelas barang bukti 88 pasang. Tersangka mengaku melakukannya sudah dua tahun," kata Antoni Silalahi.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut