get app
inews
Aa Read Next : Diklaim Tank Terbaik di Dunia, Tentara Rusia Bikin Tank Abrams AS Jadi Rongsokan di Ukraina

Jet Tempur Tertembak Pasukan Rusia, Angkatan Udara Ukraina Kehilangan Pilot Terbaik

Selasa, 16 Agustus 2022 | 06:11 WIB
header img
Ilustrasi jet tempur Ukraina ditembak jatuh pasukan Rusia. (Foto: Reuters)

KIEV, iNewsKutai.id - Ukraina kehilangan salah seorang pilot terbaiknya, Anton Listopad setelah jet tempurnya ditembak pasukan Rusia dan jatuh. Anton disebutkan tewas dalam sebuah misi menggempur pasukan musuh.

Kabar mengenai tewasnya Listopad disampaikan sekolah tempat Anton pernah menimba ilmu di masa kecil. Kabari duka itu dituangkan dalam obituari. Disebutkan jika pilot andalan Ukraina itu bergabung dengan Angkatan Bersenjata Ukraina pada 2010.  

Dia bahkan harus menjalani dua kali operasi guna memenuhi syarat menjadi pilot jet tempur. Listopad menjalani sekolah penerbangan militer di Kharkov kemudian lulus pada 2018. 

Dalam biografi juga terungkap Listopad meninggal di usia 31 tahun. Selain itu tampak pula beberapa foto dirinya saat menjadi mahasiswa, mengemudikan jet tempur, dan menerima penghargaan medali keberanian, Order for Courage, dari Presiden Volodymyr Zelensky pada bulan lalu. 

Disebutkan pula Listopad pernah memimpin parade udara di langit Kiev dalam perayaan kemerdekaan negara itu pada 2021. Sebuah lembaga di Kota Ivano-Frankovsk menyatakan Listopad mendapat gelar sebagai pilot Angkatan Udara (AU) Ukraina terbaik pada 2019. 

Dia juga bertugas sejak invasi Rusia pada 24 Februari 2022. Militer Rusia diketahui menguasai sebagian besar wilayah udara Ukraina. Kondisi tersebut menjadikan misi pilot militer Ukraina sangat berbahaya.  

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, lebih dari 260 jet tempur Ukraina hancur sejak konfik pecah, baik di udara maupun di darat. Jet-jet tempur itu ditembak jatuh dalam duel udara dengan pasukan Rusia, menggunakan rudal pertahanan, atau terkena serangan artileri saat diparkir di pangkalan

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut