get app
inews
Aa Read Next : 1 Juta Pekerja Tak Ambil BSU Rp600.000, Ada Apa?

Catat, Bantuan Subsidi Upah Rp600.000 Cair September 

Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:17 WIB
header img
Ilustrasi Bantuan Subsidi Upah 2022 ditargetkan cair September nanti. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kabar gembira bagi pekerja yang memenuhi syarat menerima Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah (BSU) tahun 2022. Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menargetkan penyaluran dilakukan mulai September nanti.

BSU Tahun 2022 merupakan salah satu bantalan sosial yang dikeluarkan pemerintah. untuk membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan. Total anggaran BSU sebesar Rp9,6 triliun dimana setiap pekerja menerima bantuan Rp600.000. 

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyampaikan, pihaknya terus menyiapkan berbagai langkah percepatan Pihaknya berupaya agar penyaluran BSU tahun ini dilakukan pada bulan September. 

“Kemenaker terus menyiapkan dan memfinalkan segala hal teknis untuk proses penyaluran BSU. Kami terus berupaya agar BSU ini dapat tersalurkan pada September 2022 ini,” ujar Ida dalam keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022).

Perihal langkah-langkah penyaluran BSU yang dilakukan diantaranya penyelesaian administrasi keuangan dan anggaran untuk pengalokasian dana BSU; memfinalkan regulasi berupa Permenaker tentang Penyaluran BSU; serta berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait pemadanan data baik berkoordinasi dengan BKN, TNI, dan Polri agar BSU ini tidak tersalurkan ke ASN, anggota TNI, maupun anggota Polri. 

Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait data calon penerima BSU. Koordinasi dengan Bank Himbara dan Pos Indonesia juga dijalin terkait teknis penyaluran BSU. 

“Pada hakikatnya Kemnaker akan mempercepat proses ini untuk menjamin ketepatan dan akuntabilitas penyaluran BSU tersebut. Kebijakan ini diharapkan mampu menjaga daya beli masyarakat yang terdampak lonjakan harga yang terjadi secara global,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut