Logo Network
Network

Keren, Balikpapan-IKN Nusantara Dihubungkan Jalan Tol Bawah Laut

Armydian Kurniawan
.
Senin, 07 November 2022 | 05:00 WIB
Keren, Balikpapan-IKN Nusantara Dihubungkan Jalan Tol Bawah Laut
Pemerintah akan membangun tol bawah laut untuk menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN Nusantara. (foto: inews kutai/abriandi)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun tol bawah laut yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Tol bawah laut yang akan dibangun di Teluk Balikpapan diproyeksikan memangkas jarak tempuh dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan ke IKN Nusantara menjadi 30 menit.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim Junaidi mengungkapkan, terowongan sepanjang sekitar 1 km dibangun di kedalaman 40 meter. Terowongan ini menghubungkan tol Balikpapan-Samarinda di Simpang Tempadung Desa Kariangau, Balikpapan ke Outer Ring Road IKN di Sepaku.

Untuk konstruksi, sambung Junaidi, terowongan akan dirangkai di darat kemudian ditenggelamkan lalu dirakit ulang di bawah laut. Dia memperkirakan dibutuhkan anggaran Rp3 triliun untuk merealisasikan proyek tersebut. 

"Saat ini sudah tahap studi kelayakan dengan dana hibah dari Pemerintah Korea Selatan karena mengadopsi teknologi mereka. Estimasi waktu pengerjaan antara 3 atau 4 tahun. Yang jelas, pelaksanaannya setelah 2024," ungkapnya di Balikpapan, Minggu (6/11/2022). 

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.