get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Keren, Balikpapan-IKN Nusantara Dihubungkan Jalan Tol Bawah Laut

Senin, 07 November 2022 | 05:00 WIB
header img
Pemerintah akan membangun tol bawah laut untuk menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN Nusantara. (foto: inews kutai/abriandi)

Junaidi menjelaskan, pembangunan tol bawah laut ini diproyeksikan memangkas waktu tempuh Bandara Sepinggan ke IKN menjadi 30 menit. Saat ini, jarak tempuh IKN menuju bandara via darat sekitar 20 kilometer. 

Rute jalur darat adalah Bandara Sepinggan - Pulau Balang, melintasi jembatan cable stayed dengan dek beton terpanjang di Indonesia di atas Teluk Balikpapan - Simpang Riko - Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. 

Jalur darat ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Sementara, jalur laut dari bandara melalui Pelabuhan Semayang menuju Pelabuhan Cita Sabut milik PT IHM di Kecamatan Sepaku. Jarak tempuh dari pelabuhan terakhir ke kawasan inti sekitar 8 kilometer. 

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, studi kelayakan dan desain bisa tuntas pada 2023 agar lelang proyek ini bisa segera dilaksanakan.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Ada Terowongan Tol Bawah Laut, Bandara Sepinggan ke IKN Cuma 30 Menit)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut