get app
inews
Aa Read Next : Lionel Messi Pemain Terbaik FIFA 2022 usai Antar Argentina Raih Piala Dunia

Makna Surat Al-Hujurat Ayat 13 yang Dilantunkan di Piala Dunia 2022, Sarat Pesan Kesetaraan

Senin, 21 November 2022 | 09:18 WIB
header img
Makna surah Al-Hujurat ayat 13 yang dilantunkan pada pembukaan Piala Dunia 2022. (Foto: DOK.Okezone.com)

DOHA, iNewsKutai.id - Lantunan surah Al-Hujurat ayat 13 mewarnai pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al-Bayt, Al-Khor, Doha Utara, Minggu (20/11/2022) malam. Tidak sembarangan, pemilihan surah Al-Hujurat tidak sembarangan karena ayat 13 mengandung makna mendalam.

Piala Dunia 2022 resmi dibuka. Tidak kalah meriah dengan perhelatan sebelumnya, opening ceremony diawali dengan cuplikan video ilustrasi yang menunjukkan keberagaman yang bersatu.

Setelahnya, tarian khas Timur Tengah dengan koreografi misterius dari ratusan penampil disajikan di lapangan. Setelah itu, aktor terkenal dunia Morgan Freeman muncul ke tengah lapangan dan bertemu penyandang disabilitas terkenal Qatar, Ghanim Al-Muftah.

Keduanya kemudian terlibat pembicaaraan. Ghanim kemudian membacakan sepenggal ayat suci Alquran dari surah Al-Hujurat Ayat 13.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ 

("Ya ayyuhannasu Inna kholaqnakum min dzakarin wa untsa waja'alnaakum syu'uban waqobaaila lita'aarofu Inna akromakum 'indallahi atqokum)

Dikutip dari tafsir Kemenag, ayat ini memiliki makna yang sangat dalam tentang kesetaraan. Surah Al-Hujurat ayat 13 menjelaskan jika Allah SWT menciptakan manusia dari seorang laki-laki (Adam) dan seorang perempuan (Hawa) dan menjadikannya berbangsa-bangsa, bersuku-suku, dan berbeda-beda warna kulit bukan untuk saling mencemoohkan, tetapi supaya saling mengenal dan menolong.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut