get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Temui Wamenag, Hadi Mulyadi Sampaikan Kesiapan Kaltim Jadi Tuan Rumah MTQ 2026

Kamis, 24 November 2022 | 05:01 WIB
header img
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyampaikan kesiapan Kaltim menjadi tuan rumah MTQ 2026. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kalimantan Timur (Kaltim) siap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional  ke-31 pada 2026 mendatang. Kesiapan itu disampaikan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi saat menemui Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi, Rabu (23/11/2022).

Sebagai Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kaltim, Wagub Hadi berharap agar pemerintah bisa menunjuk Kaltim sebagai tuan rumah MTQ pada 2026.

Bukan tanpa alasan, momentum tersebut akan menjadi perayaan 50 tahun Kaltim sejak terakhir menggelar MTQ pada 1976 silam.

"Meskipun untuk MTQ 2024 belum ditunjuk, kita minta pada penyelenggaraan berikutnya yakni 2026 karena persis 50 tahun lalu yakni pada 1976, MTQ Nasional digelar di Samarinda. Jadi ini setengah abad setelah itu," jelasnya.

Hadi memaparkan, Pemprov Kaltim menyiapkan Kota Samarinda dan Balikpapan sebagai venue dalam MTQ nanti. Tidak hanya itu, LPTQ Kaltim juga sedang mempersiapkan SDM untuk menyambut ajang tersebut agar target juara umum bisa terpenuhi.

Dia pun menyatakan Pemprov Kaltim siap berkolaborasi dengan Kemenag RI untuk mewujudkan target tersebut. 

"Semoga bisa disetujui karena ini momen yang langka untuk Kaltim setelah 50 tahun jadi tuan rumah MTQ. Kita akan siapkan Samarinda sebagai venue utama dan Balikpapan sebagai penunjang," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut