get app
inews
Aa Read Next : Jadi Saksi Sengketa Pilpres di MK, Romo Magnis Sebut Jokowi Pakai Bansos Untungkan Keluarga

7 Bansos yang akan Dikucurkan Jokowi Tahun Depan, Berikut Daftarnya

Kamis, 22 Desember 2022 | 08:06 WIB
header img
7 bantuan sosil yang akan dikucurkan pemerintah pada 2023. (Foto: ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Bantuan sosial (bansos) masih menjadi andalan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat, tahun depan. Ada 7 bansos yang akan dikucurkan Presiden Joko Widodo pada 2023 mendatang.

Dana bansos ini masuk ke dalam anggaran perlindungan sosial (perlinsos) pada (APBN) 2023 sebesar Rp479,1 triliun. Bansos disalurkan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, anggaran perlinsos dialokasikan melalui Belanja Pemerintah Pusat yaitu kementerian/lembaga (K/L) dan non-K/L. Mulai dari Kementerian Sosial hingga Kementerian Agama.

Berikut 7 bansos yang akan dikucurkan pemerintah tahun depan.

1. Kartu Prakerja

Pemerintah memastikan program Kartu Prakerja kembali dilanjutkan pada 2023. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah menambah alokasi anggaran Rp5 triliun dengan target 1,5 juta orang.

Namun, skema penyaluran Kartu Prakerja 2023 akan berbeda. Peserta akan mendapat bantuan senilai Rp4,2 juta per orang. Dana tersebut berupa biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Kementerian Sosial secara rutin menjalankan Program Keluarga Harapan bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap kepala keluarga menerima bantuan mulai Rp200.000 sampai Rp3 jutaan tergantung hak penerima.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut