get app
inews
Aa Read Next : Waspada, Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur Kembali Meningkat

Ini Daftar Gejala Varian Omicron, Tenggorokan Gatal hingga Sakit Perut

Jum'at, 17 Desember 2021 | 06:06 WIB
header img
Covid-19 varian Omicron menurut dokter di Afrika Selatan bergejala ringan dan bisa dirawat di rumah.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Virus Covid-19 varian Omicron dikonfirmasi sudah masuk Indonesia. Gejala khas jika terpapar varian dari Afrikan Selatan ini bukan batuk atau sakit tenggorokan, melainkan tenggorokan gatal. 

Gejala lain yang membedakan varian Omicron dari varian sebelumnya adalah myalgia atau nyeri otot. Diare juga merupakan gejala yang seringkali dijumpai penderita Covid-19 varian Omicron.

Dilansir dari Standard, seorang professor Oxford Sir John Bell mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap sakit tenggorokan, nyeri otot, hidung tersumbat, sakit perut serta buang air besar yang encer sebagai gejala tambahan varian Omicron.

Di Tanah Air, varian dengan nama lain B.1.1.529 ini diketahui menjangkiti pasien berinisial N, yang merupakan pekerja kebersihan di RSDC Wisma Atlet. Selain pasian tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mendeteksi 5 kasus serupa yang dicurigai sebagai probable Omicron.

Varian Omicron telah terbukti menyebar lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya. Melansir berbagai sumber, Omicron menyebar dua hingga tiga kali lebih cepat dibandingkan varian Delta. Hingga saat ini, varian virus Omicron telah masuk ke lebih dari 30 negara di dunia.

Dibandingkan gejala yang terdeteksi pada pasien yang terjangkit varian lainnya, Omicron memiliki gejala paling ringan.

Berikut beberapa gejala Covid-19 varian Omicron yang harus diwaspadai.

• Gejala flu
• Demam
• Berkeringat di malam hari
• Myalgia atau nyeri otot
• Kelelahan
• Tenggorokan gatal
• Tidak batuk, kehilangan indra perasa dan penciuman

Hingga saat ini World Health Organization (WHO) masih berusaha memahami bagaimana varian baru ini memengaruhi pasien, vaksin, pengaruhnya pada kekebalan tubuh serta efek berkepanjangan yang mungkin diterima oleh pasien. (dilansir dari berbagai sumber/Litbang MPI)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut