get app
inews
Aa Read Next : Hasil Indonesia vs Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026: Tim Garuda Menang Telak!

Thailand Juara Piala AFF 2022, Gelar Ketujuh Tim Gajah Perang

Senin, 16 Januari 2023 | 21:42 WIB
header img
Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 (aggregat 3-2). (Foto: Istimewa)

BANGKOK, iNewsKutai.id - Thailand mengukuhkan diri sebagai raja sepak bola Asean setelah menaklukkan Vietnam pada leg kedua final Piala AFF 2022. Tim Gajah Perang keluar sebagai juara berkat kemenangan tipis 1-0 ( aggregat 3-2).

Gol kemenangan Thailand disumbangkan Theerathon Bunmathan pada menit 24. Kemenangan ini membuat Thailand berhasil mempertahankan gelar Piala AFF yang diraih pada 2020 lalu. 

Trofi AFF 2022 juga menjadi gelar ketujuh bagi Thailand setelah sebelumnya juga juara pada 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, dan 2020. Hanya Singapura yang mendekati perolehan trofi juara AFF Thailand yakni 4 gelar.

Sementara bagi Vietnam, kekalahan ini membuat mereka gagal memenuhi ambisi mengulang sukses saat juara pada Piala AFF 2018 lalu. Kekalahan ini juga menjadi kado perpisahan menyakitkan bagi pelatih Park Hang-seo yang akan meninggalkan timnas Vietnam.

Jalannya Pertandingan 

Thailand langsung tancap gas sejak menit pertama pertandingan. Di bawah dukungan suporter, mereka bermain dalam tempo cepat dan membuat Vietnam kerepotan. Laga baru berjalan lima menit, Thailand nyaris mencetak gol setelah Adisak Kraisorn yang berhasil merebut bola dari kesalahan yang dibuat bek lawan, Bui Hoang Viet Anh. 
Sayang, tendangan kaki kiri yang dilepaskannya dari dalam kotak penalti hanya mengarah ke samping kiri gawang. Setelah itu, giliran The Golden Stars –julukan Vietnam- gantian mengancam pertahanan tim tuan rumah lewat pergerakan Nguyen Hoang Duc yang menusuk ke kotak penalti dari sisi kanan. 

Akan tetapi, tendangan melengkung yang dilesatkannya dengan kaki kiri masih melambung jauh di atas mistar gawang. Pada menit 24 akhirnya serangan Thailand membuahkan gol. 

Tendangan jarak jauh Theerathon Bunmathan merangsek masuk dengan deras ke dalam gawang hingga membuat Dang Van Lam tak berkutik. Skor berubah 1-0. Pasukan Park Hang Seo langsung punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit 27 setelah Nguyen Tien Linh lolos dari jebakan offside ketika menerima umpan terobosan dari lini tengah. 

Namun, striker andalan Vietnam itu malah menendang bola jauh dari sasaran, padahal dia sudah berdiri sangat bebas di kotak penalti. Setelah itu, pertandingan berjalan cukup alot hingga memasuki menit-menit akhir babak pertama

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut