Aksi Heroik Babinsa Azmiadi Diapresiasi KSAD, Terima Kenaikan Pangkat Jadi Sersan Dua

Abriandi
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 20:30 WIB
Babinsa Kopka Azmiadi mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (foto: dispenad)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Aksi heroik Babinsa Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kopka Azmiadi menggadaikan motor untuk mengurai kemacetan di Gunung Manggah, pekan lalu, berbuah manis. 

Dirinya mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Babinsa Koramil 02/Sungai Pinang itu kini berpangkat Sersan Dua.

Kenaikan pangkat itu langsung dianugerahkan Jenderal Dudung saat Kopka Azmiadi datang ke Mabes TNI didampingi Dandim 0901/Samarinda Kolonel Arm Novi Herdian, Selasa (24/1/2023). Mereka menghadap KSAD di ruang kerjanya, Markas Besar Angkatan Darat,  

Di depan KSAD, Babinsa Azmiadi kembali menceritakan awal mula aksinya heroiknya menggadaikan motor. Dia mengaku, saat kejadian, sebuah truk trailer tidak mampu menanjak dan mogok hingga menutup seluruh badan jalan.

Akibatnya, jalur padat lalu lintas itu macet total. Dia kemudian berinisiatif mengevakuasi truk yang memuat alat berat tersebut. Awalnya, tersedia dua tronton untuk menarik trailer.

Hanya saja, itu tidak cukup dan dibutuhkan excavator untuk mendorong trailer dari belakang. Namun, masalahnya tidak ada yang bersedia menyewa alat berat tersebut. 
Kopka Azmiadi kemudian berinisiatif menggadaikan motornya kepada pedagang pasar dan uangnya digunakan menyewa excavator. Alhasil, trailer tersebut berhasil dievakuasi setelah memicu kemacetan selama 16 jam.

KSAD Jenderal Dudung menegaskan, aksi heroik Kopka Azmiadi tersebut merupaka implementasi poin kelima dari Tujuh Perintah Harian Kasad terutama yakni TNI harus hadir di tengah kesulitan masyarakat.

Jenderal Dudung pun menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasihnya atas upaya yang dilakukan Kopka Azmiadi. Dia meminta Babinsa di seluruh Indonesia bsa melakukan hal yang sama, namun dalam bentuk yang berbeda.

“Saya yakin, jajaran di TNI AD, para Babinsa bisa melakukan hal yang sama, namun dalam bentuk yang berbeda. Sering saya katakan bahwa TNI Angkatan Darat harus dicintai rakyatnya, tetapi lebih hebat lagi dia harus mencintai rakyatnya,“ ujar KSAD dalam keterangan resminya, Selasa (24/1/2023).

Kasad juga berpesan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Darat di manapun bertugas, bila untuk bangsa dan negara jangan pernah ragu-ragu, dan jangan terlalu banyak berpikir tetapi lakukan yang terbaik.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini