get app
inews
Aa Read Next : Surya Paloh Dukung Koalisi Pemerintah, Partai Nasdem Tinggalkan Anies Baswedan

Koalisi Perubahan Penuhi Syarat Usung Capres, Anies Baswedan: Bismillah

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:55 WIB
header img
Dukungan partai Koalisi Perubahan sudah memenuhi syarat mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. (foto: dok MPI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Dukungan partai politik untuk pencalonan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden sudah mencukupi. Mantan gubernur DKI Jakarta itu pun semakin mantap menghadapi pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Dukungan partai Koalisi Perubahan akhirnya memenuhi syarat bahkan melampaui presidential threshold 20 persen. Hal ini tidak lepas dari keputusan PKS yang memutuskan bergabung dengan Partai Nasdem dan Partai mengusung Anies sebagai bakal calon presiden.

Berdasarkan peta peroleh kursi di parlemen, Partai Nasdem mengantongi 10,26 persen, kemudian Demokrat 9,39 persen, dan 8,7 persen. Dengan demikian, total dukungan Koalisi Perubahan mencapai 28,35 persen. 

Anies pun mengungkapkan rasa terima kasihnya setelah PKS bergabung dengan Koalisi Perubahan dan membuat dukungan partai melampaui presidential threshold 20 persen. 

"Dengan mengucap bismillah, kepercayaan itu kini telah diembankan. Kemarin Partai Keadilan Sejahtera telah menyatakan dukungannya, melengkapi deklarasi sebelumnya oleh Partai Nasdem pada tanggal 3 Oktober 2022, dan pernyataan Partai Demokrat pada tanggal 26 Januari 2023, maka presidential threshold 20 persen telah terlampaui," tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan, Selasa (31/1/2023). 

Anies juga berterima kasih kepada NasDem yang sebelumnya mendukung penuh dan kemudian didukung Demokrat dan PKS untuk mencalonkan dirinya sebagai bakal capres. 

"Kami mengucapkan syukur dan terima kasih atas dukungan dari Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera sebagai partai pengusung," ucapnya. 

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu akan menjalankan amanah yang diberikan Koalisi Perubahan dengan sebaik-baiknya untuk Indonesia. "Insya Allah amanah ini kita jalankan sebaik-baiknya, untuk Indonesia," tuturnya.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Koalisi Perubahan Akhirnya Lengkap, Anies Baswedan: Presidential Threshold 20 Persen Terlampaui)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut