get app
inews
Aa Read Next : Gelombang Panas Landa Asia Tenggara Pekan, Begini Penjelasan BMKG

Peringatan Dini BMKG, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Landa Kaltim Hari Ini

Jum'at, 10 Februari 2023 | 07:31 WIB
header img
BMKG memprakirakan hujan lebat disertai angin kencang terjang Kaltim, hari ini. (ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah provinsi, Jumat (10/2/2023), hari ini. Salah satunya adalah wilayah Kalimatan Timur (Kaltim).

Dikutip dari laman resmi BMKG, potensi cuaca buruk ini dipicu siklon tropis Freddy yang masih berlangsung.

"Siklon tropis Freddy masih terpantau berada di Samudra Hindia selatan Jawa," tulis BMKG. 

Dijelaskan, sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah-NTB dan membentuk daerah konvergensi memanjang di pesisir selatan Jawa Barat-DIY, dan di Samudra Hindia selatan NTT. 

Kondisi tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang low level jet atau konvergensi tersebut.

Adapun provinsi yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Banten, dan Jawa Barat.

Provinsi lainnya yang akan dilanda cuaca buruk yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Selain itu, seluruh pulau Kalimantan Barat juga berpotensi, kemudian Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut