get app
inews
Aa Read Next : Jangan Panik! Stok Beras Kaltim Cukup hingga Bulan Mei

Awal Ramadan, Bansos Beras, Telur, dan Daging Ayam Disalurkan bagi 21,3 Juta Warga Miskin

Rabu, 22 Maret 2023 | 06:01 WIB
header img
Pemerintah akan menyalurkan bansos pangan berupa beras, telur, dan daging ayam, awal puasa ini. ( Foto: ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemerintah akan segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) pangan, awal puasa nanti. Bantuan yang diberikan berupa beras, telur, dan daging ayam.

DirjenAnggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Isa Rachmatarwata mengatakan, bansos pangan dengan anggaran Rp8 triliun itu akan menyasar 21,3 juta keluarga miski per bulan.

"Bantuan yang disalurkan bukan dalam bentuk uang tetapi beras sebanyak 10 kg per bulan, telur, dan daging ayam. Untuk detailnya ada di Bappenas,” ujar Isa dilansir dari Sindonews, Rabu (22/3/2023). 

Menurutnya, bantuan akan disalurkan sebanyak tiga bulan. Untuk berasnya, nilainya ditaksir mencapai Rp7,8 triliun. Sedangkan telur dan ayam sekitar Rp450 sehingga total nilai bantuan mencapai Rp8 triliun.

"Jadi, setelah didistribusikan, klaimnya ke Bappenas lalu duitnya dari Menteri Keuangan," bebernya.

Dia menargetkan, bantuan sudah disalurkan awal puasa ini. Namun, dia memberikan toleransi hingga awal April dengan catatan bantuan kedua disalurkan sebelum Lebaran.

"Kalau meleset dikit awal April lah ya, tapi April nanti sebelum lebaran bisa dibagikan lagi, dan terakhir Mei," tukasnya.

Dia menambahkan, penerima bantuan ini berdasarkan daftar yang ada di Kementerian Sosial (Kemensos). "PKH (Program Keluarga Harapan) pasti termasuk karena masuk dalam daftar itu, karena basisnya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut