get app
inews
Aa Read Next : Nama Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik Sudah Dicatut Penipu, Minta Uang ke Pejabat dan BUMD

Tanda Tangan Dipalsukan Adik, Empat Rumah dan Satu Mobil Mewah Irwansyah Terancam Disita Bank

Selasa, 04 Januari 2022 | 08:05 WIB
header img
Irwansyah ditipu adik sendiri. (foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Uang tidak mengenal saudara. Istilah ini mungkin cocok untuk selebritis Irwansyah. Tanda tangan suami Zaskia Sungkar itu dipalsukan adiknya sendiri untuk meminjam uang di bank.

Kini, dia terancam kehilangan asetnya berupa empat unit rumah siap huni dan sebuah mobil mewah. Kini kasus tersebut sudah bergulir di Polres Jakarta Selatan setelah Irwansyah melaporkan sang adik Hafiz Fatur ke polisi. Laporan itu secara sah tertuang dalam Nomor:/LP/B/2345/XI/2021/RJS/PMJ. 

Muhammad Zakir Rasyidin sebagai kuasa hukum Irwansyah dan Zazkia Sungkar kemudian menceritakan kronologi kasus tersebut. Kata Zakir, kasus tersebut bermula saat kliennya mendapat surat dari pihak bank yang menagih utang.  

Dalam surat tersebut disebutkan, peminjam atas nama Irwansyah tak membayar angsuran dari peminjaman sejumlah uang kepada pihak bank tersebut.  

“Saudara Irwan melaporkan Hafiz Fatur di Polres Jaksel berkaitan adanya dugaan pemalsuan tanda tangan. Yang mana, klien kami kaget saat ada bank yang mengirimkan surat tagihan ke rumahnya, bahwa Irwan sudah tak bayar cicilan terkait adanya peminjaman uang di bank itu," kata Zakir di Jakarta Selatan, Senin (3/1/2022).  

Tagihan tersebut pun membuat bintang film My Heart ini kaget bukan kepalang. Zakir mengaku, usai melalukan pengecekan terhadap berkas pengajuan peminjaman uang tersebut, pihaknya mendapati sejumlah surat yang diduga kuat telah dipalsukan.  
Selaku pihak pelapor, mereka juga menduga oknum yang melakukan pemalsuan dokumen tersebut tak lain adalah Hafiz Fatur. Adik kandung Irwansyah ini juga diduga telah mengajukam peminjaman kepada salah satu bank swasta sekitar Rp1 miliar.  

Konon, uang tersebut juga digunakan untuk kepentingan pribadi Hafiz.  

“Irwan kaget gimana saya bisa ditagih padahal tidak pernah kredit. Setelah kroscek saya menemukan banyak surat-surat yang mana dari surat tersebut diduga kuat saudara Hafiz memalsukan tanda tangan Irwan dan Zaskia Sungkar untuk kepentingannya untuk melakukan peminjaman uang di salah satu bank swasta itu, sebesar Rp1-2 m," ujarnya lagi.  

Sebagai kuasa hukum, Zakir mengaku juga heran. Dia juga tak menyangka dugaan perbuatan tersebut dilakukan Hafiz terhadap kakak kandungnya sendiri.  

"Ini yang menjadi pertanyaan, kok bisa mas Hafiz melakukan tindakan yang merugikan kakaknya sendiri? Karena mas Irwan merasa tidak pernah mengajukan peminjaman uang dan tidak pernah mengadukan kredit di bank tersebut," kata Zakir. 
Lebih jauh, Zakir mengatakan pihak bank berniat untuk melakukan penyitaan terhadap sejumlah aset milik Irwansyah. Adapun aset yang terancam disita diantaranya empat unit rumah siap huni, dan satu unit mobil mewah. Irwansyah pun terancam mengalami total kerugian hingga mencapai Rp5 miliar.  

"Jadi kurang lebih sekitar 4 unit rumah dan satu mobil total, kerugiannya itu sekita5 miliar," ujarnya.  

Atas situasi ini, Irwansyah pun mantap membuat laporan polisi di Polres Jakarta Selatan pada November lalu. Merasa dirugikan, pihaknya juga telah melayangkan somasi kepada bank terkait.  

Bukan hanya itu, Zakir mengaku telah membuat laporan ke lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga yang berwenang dugaan kasus tersebut.  
"Perhari ini saya sudah somasi banknya. Kemudian saya melaporkan bank tersebut kepada OJK," kata dia. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut