get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Sepanjang April 2023, Dua Prajurit Yonif Raider 321 Galuh Taruna Gugur di Papua

Senin, 17 April 2023 | 15:37 WIB
header img
Pasukan Yonif Raider 321/Galuh Taruna saat memperbaiki Jalan Trans Papua di Nduga. Satuan ini sudah kehilangan dua prajuritnya sepanjang April 2023. (foto: Puspen TNI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Satgas Yonif Raider 321 Galuh Taruna sudah kehilangan dua prajuritnya dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sepanjang April 2023. 

Dua prajurit yang gugur yakni Pratu Hamdan dan Pratu Miftahul Arifin. Keduanya gugur dalam kontak senjata di Pos Yal dan Pos Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. 

Pratu Hamdan, prajurit yang bertugas Pos Yal gugur dalam kontak senjata dengan KKB pada Senin (3/4/2023) pukul 09.40 WIT. Korban ditembak orang tidak dikenal yang diduga anggota KKB saat sedang berjaga.

Jenazah Pratu Hamdan yang tertembak di bagian kepala kemudian dipulangkan ke kampung halaman di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk dimakamkan. 

Terbaru, Satgas Yonif R 321/GT kembali kehilangan prajuritnya Pratu Miftahul Arifin yang tertembak KKB dalam kontak senjata, Sabtu (15/4/2023) sore. Saat kejadian, Pratu Miftahul bersama pasukan gabungan sedang dalam operasi pencarian pilot Susi Air.

Saat itu, Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di Mugi sedang menyisir wilayah itu untuk mendekati posisi Pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang disandera KKB. Namun, pasukan gabungan tersebut tiba-tiba diserang KKB yang menyebabkan Pratu Arifin terjatuh ke jurang sedalam 15 meter. 

"Ketika jenazah akan dievakuasi, KKB kembali melakukan serangan sehingga jenazahnya masih berada di lokasi," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono, Minggu (16/4/2023). 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut