get app
inews
Aa Read Next : Bukan Dikubur atau Dikremasi, Mulai 2027 Jenazah Manusia Bakal Dijadikan Pupuk

Bukan Dikubur atau Dibakar, Jenazah Warga China Bakal Dilarung ke Laut

Rabu, 26 April 2023 | 10:34 WIB
header img
Jenazah warga China akan dilarung ke laut untuk mengatasi keterbatasan lahan pemakaman. (Foto: ilustrasi/The Sydney Morning Herald)

BEIJING, iNewsKutai.id - Pemerintah China akan mengambil langkah ekstrem untuk mengatasi keterbatasan lahan pemakaman. Jenazah warga yang meninggal tidak akan dikubur melainkan ditenggelamkan atau dilarung ke laut.

Opsi larung ke laut ini menjadi pilihan utama selain dikremasi atau dibakar. Langkah ekstrem ini menyusul tingginya populasi penduduk lanjut usia di Negeri Panda.

Pemerintah China bahkan menawarkan hadiah uang tunai kepada warga yang memilih cara dilarung ke laut atau membakar jenazah lalu mengubur abu melalui cara yang ramah lingkungan. 

Global Times melaporkan, beberapa kota di China gencar melakukan pemakaman dengan cara dilarung laut dalam dua bulan terakhir. Agar masyarakat bersedia, otoritas urusan sipil setempat menanggung biaya pemakaman dalam upaya mempromosikan praktik yang tidak biasa tersebut.

Pada 9-10 Mei lalu, Kota Hohhot, Provinsi Mongolia, menggelar pemakaman massal larung laut. Jenazah ditenggelamkan di tengah laut dan minimal 1.000 km dari pantai. Hal ini untuk memastikan jenazah tak akan mengotori pantai. 

Sekadar diketahui, lahan pemakaman di China semakin langka dan sangat mahal. Setiap keluarga minimal harus mengeluarkan uang 100.000 yuan lebih (sekitar Rp215 juta) utuk sekali pemakaman. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut