Bukan Dikubur atau Dikremasi, Mulai 2027 Jenazah Manusia Bakal Dijadikan Pupuk

Wahyu Sibarani
.
Kamis, 22 September 2022 | 08:54 WIB
Jenazah manusia akan dijadikan pupuk kompos untuk mengatasi krisis lahan pemakaman. (Foto: ilustrasi/ iNews.id/Reuters).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Jenazah manusia akan mulai dijadikan pupuk kompos pada 2027 mendatang. Kebijakan kontroversi ini sebagai solusi untuk mengatasi krisis lahan pemakaman di Kota California, Amerika Serikat.

Metode Naturaal Organic Reduction (NOR) atau Pengurangan Organik Alami ini akan menjadi pilihan bagi masyarakat yang tidak ingin dikuburkan atau dikremasi. Langkah ini dinilai lebih ramah lingkugan.

Keputusan mengubah jenazah manusia menjadi pupuk tertuang dalam peraturan baru Kota California yang baru saja disahkan. Salah satu faktor yang mendorong regulasi ini adalah untuk mengatasi perubahan iklim.

"Ini menjadi pilihan aternatif bagi penduduk California selain di makamkan. Ini lebih bersih dan ramah lingkungan," jelas anggota Majelis Demokrat Cristina Garcia, salah satu pihak yang mengusulkan rencana NOR itu. 

Dia mengatakan, saat ini Tempat Pemakaman Umum (TPU) semakin penuh dan sulit dikembangkan. Sementara, pilihan untuk dikremasi menimbulkan polusi karena pembakaran jenazah menghasilkan 360.000 metrik ton karbondioksida per tahun.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini