Logo Network
Network

Bukan Dikubur atau Dikremasi, Mulai 2027 Jenazah Manusia Bakal Dijadikan Pupuk

Wahyu Sibarani
.
Kamis, 22 September 2022 | 08:54 WIB
Bukan Dikubur atau Dikremasi, Mulai 2027 Jenazah Manusia Bakal Dijadikan Pupuk
Jenazah manusia akan dijadikan pupuk kompos untuk mengatasi krisis lahan pemakaman. (Foto: ilustrasi/ iNews.id/Reuters).

Return Home, sebuah rumah duka di Seattle yang khusus menangani pengomposan manusia menyebutkan terjadi peningkatan permintaan jenazah dikomposkan dalam beberapa tahun terakhir.

CEO Return Home, Micah Truman mengatakan, tanah yang dihasilkan dari pengomposan jenazah dikembalikan ke keluarga untuk dimafaatkan sesuai keinginan mereka. Sejumlah pelanggan telah menanam pohon atau bunga, sementara yang lain menyebarkannya ke laut. 

Namun, kebijakan ini ditentang Gereja Katolik di California dan paling vokal melakukan protes. Alasannya, mengubah jenazah manusia jadi kompos adalah proses yang hanya bisa dikembangkan untuk ternak. 

"Itu proses yang sama dengan sistem kompos di kebun rumah. Ini sangat tidak bisa diterima karena merugikan secara psikologis buat almarhum dan keluarganya," ujar Direktur Eksekutif Konferensi Katolik California, Kathleen Domingo

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Jenazah Manusia Bisa Dijadikan Pupuk Kompos Mulai 2027 di California)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.