get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

IKN Nusantara Sepi Investor, Pembangunan Ibu Kota Baru Andalkan Proyek APBN

Selasa, 02 Mei 2023 | 19:55 WIB
header img
IKN Nusantara masih sepi investor karena terkendala lahan. (foto: ilustrasi/antara)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Harapan investor terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ibarat jauh panggang dari api. Diklaim ramai peminat, hingga saat ini belum ada pemilik modal yang benar-benar menanamkan modalnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengakui pembangunan IKN  Nusantara hingga saat ini masih mengandalkan proyek Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Hal itu dikarenakan belum ada investor lokal maupun asing yang masuk ke ibu kota baru.

"Belum ada investor yang masuk. Jadi belum ada investasi dari pihak swasta sehingga pengerjaan masih  mengandalkan proyek yang didanai APBN saja," jelas Menteri Basuki di Istana Negara, Jakarta dilansir iNews.id, Selasa (2/5/2023). 

Dia pun menjelaskan penyebab investor masih enggan terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara. Menurut dia, kendala utama investor masih menahan diri adalah masalah pengadaan lahan yang belum jelas.

"Lahan belum selesai untuk investor, bagaimana cara membelinya, kan karena semua ada kewenangan ada di otorita, membeli tanah di sana, makanya belum ada investasi yang masuk," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut