get app
inews
Aa Read Next : Beraksi Lintas Provinsi, 4 Anggota Sindikat Pelaku Ganjal ATM Ditangkap di Balikpapan

Cara Mencegah Pembobolan Rekening Bank, Nomor 4 Sering Diabaikan

Senin, 29 Mei 2023 | 06:07 WIB
header img
Cara mencegah pembobolan rekening bank. ( Foto : ilustrasi/MNC)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kejahatan perbankan semakin marak seiring dengan perkembangan teknologi. Pelaku kejahatan mengintai dan memanfaatkan kelemahan nasabah untuk melakukan pembobolan rekening bank.

Maraknya kejahatan perbankan ini membuat nasabah dituntut mengetahui cara mencegah pembobolan rekening bank. Untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi, dituntut kesadaran diri nasabah untuk selalu menjaga data pribadinya.

Dikutip dari SINDONews, Senin (29/5/2023), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau nasabah agar selalu waspada untuk menghindari pembobolan rekening bank. Alasannya, pembobolan rekening bisa terjadi karena nasabah lengah.

Untuk mencegah tersebut, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan nasabah untuk memastikan transaksi perbankan tetap aman. Simak tips berikut ini: 

Cara Mencegah Pembobolan Rekening Bank

1. Aktifkan Fitur Notifikasi SMS transaksi

Fitur ini memungkinkan setiap transaksi yang terjadi di rekening secara otomatis dikirim ke handphone nasabah. Fitur ini memungkinkan nasabah bisa mengetahui jika ada transaksi yang mencurigakan.

2. Cek Saldo Berkala

Aplikasi mobile banking atau internet banking tidak hanya memudahkan untuk melakukan transaksi secara online. Aplikasi ini juga memudahkan nasabah mengecek saldo secara berkala.

Dengan demikian, nasabah bisa mengetahui nilai saldo di rekeningnya jika dibutuhkan atau terjadi transaksi mencurigkan.

3. Jaga Keamanan Data

Hal ini berlaku untuk nasabah yang menggunakan mobile banking atau internet banking. Perangkat selular yang digunakan wajib diamankan untuk menghindari penyalahgunaan. Caranya dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut