get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Jelang Idul Adha 1444 H, Pemprov Kaltim Gelar Pasar Murah di 5 Kabupaten/Kota

Senin, 26 Juni 2023 | 19:08 WIB
header img
Pemprov Kaltim menggelar pasar murah di kabupaten/kota jelang Idul Adha 1444 H. (foto : ilustrasi/humas pemkot balikpapan)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemprov Kaltim menggelar pasar murah di lima kabupaten/kota jelang hari raya Idul Adha 1444 H/2023 M. Gerakan Pangan Murah ini dilakukan untuk untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan.

Gerakan Pangan Murah ini diluncurkan langsung Gubernur Kaltim Isran Noor di halaman Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Senin (26/6/2023). Pasar murah ini akan berlangsung hingga Selasa 27 Juni 2023 besok.

Plh DPTPH Kaltim Rini Susilawati menjelaskan, Gerakan Pangan Murah ini menyediakan sembako mulai dari gula, telur, minyak goreng, daging sapi, ayam, dan kebutuhan pokok lainnya yang dibutuhkan masyarakat jelang hari raya.

"Gerakan Pangan Murah ini untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan jelang hari besar keagamaan. Berbagai bahan pokok disiapkan seperti gula telur, daging sapi, daging ayam minyak goreng, sayur dan berbagi komoditas lain," jelas Rini, Senin (26/6/2023).

Menurutnya, masing-masing instansi akan menyediakan berbagai komunitas yang dihasilkan untuk dijual dengan harga murah.

Dari semua instansi bahan pangan pokok yang paling banyak akan disiapkan oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia, karena lembaga itu merupakan induk perusahaan badan usaha milik negara BUMN bidang pangan.

Rini menyebutkan ada lima Kabupaten dan kota yang turut serta menggelar gerakan pangan murah yakni Samarinda, Balikpapan Kutai Kartanegara, Paser dan Bontang. Gerakan ini juga memberikan kemudahan akses bagi produsen dan konsumen produk pangan dengan harga yang wajar dan terjangkau.

Selain Gerakan Pangan Murah, ada sosialisasi teknis terkait dengan selamatkan pangan untuk stop boros pangan serta pembagian biosaka untuk meningkatkan produksi petani.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut