get app
inews
Aa Read Next : 7 Investor Nasional Groundbreaking Proyek di IKN Nusantara, Siapa Saja?

Disahkan DPR, Sepaku Resmi Jadi Ibu Kota Nusantara

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:59 WIB
header img
DPR menyetujui rancangan undang-undang tentang ibu kota negara (RUU IKN) menjadi undang-undang dalam sidang paripurna, Selasa (18/1/2022).

JAKARTA, iNews.id - Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara (PPU) resmi menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN). Kepastian itu setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui rancangan undang-undang tentang ibu kota negara (RUU IKN) menjadi undang-undang dalam sidang paripurna yang digelar hari ini, Selasa (18/1/2022). 

Sebelum pengambilan keputusan tingkat II, Ketua DPR, Puan Maharani terlebih dahulu meminta kepada Ketua Panitia khusus (Pansus) IKN, Ahmad Doli Kurnia Tandjung. 

Dia menyampaikan dalam rapat kerja (Raker) bersama pemerintah yang digelar sejak Senin (17/1/2022) hingga Selasa (18/1/2022) dini hari tadi, Pansus telah menyepakati Ibu Kota Negara diberi nama Nusantara yang selanjutnya berganti menjadi Ibu Kota Nusantara.

Doli juga menyampaikan Pansus telah mendengarkan pandangan mini fraksi terkait RUU IKN ini. Hasilnya, sebanyak delapan fraksi dan Komite I DPD menyatakan menerima pembahasan dan melanjutkan pembahasan di tingkat selanjutnya.  

Sementara, Fraksi PKS menyatakan menolak pembahasan RUU IKN dan menyerahkan pengambilan keputusan tingkat II dalam sidang paripurna.

"Selanjutnya, perkenankanlah kami menyerahkan laporan pembicaraan tingkat I  Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara untuk selanjutnya bisa mendapatkan persetujuan dalam rapat paripurna hari ini," kata Doli saat membacakan laporan Pansus RUU IKN.

Setelah menerima laporan dari Pansus RUU IKN,  Puan Maharani pun langsung melanjutkan kepada agenda selanjutnya yakni pengambilan keputusan tingkat II terhadap RUU tersebut. Dalam hal ini, meminta persetujuan kepada anggota dewan yang hadir. 

"Selanjutnya, kami akan menanyakan kepada setiap fraksi, apakah rancangan undang-undang tentang ibu kota negara dapat disahkan menjadi undang-undang," tutur Puan. "Setuju," kata anggota dewan yang hadir di ruang sidang paripurna.

Diberitakan sebelumnya, DPR dan pemerintah menyepakati agar rancangan undang-undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) segera dibahas ke tingkat I atau langsung dibawa ke sidang paripurna. Kesepakatan itu dicapai pada hari Selasa (18/1/2022) pukul 03.10 WIB dini hari.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut